7 Manfaat Blog Pribadi Untuk Kamu Yang Ingin Mulai Ngeblog

Kalau kamu baru ingin terjun ke dunia blogging dan ingin segera take action, ada baiknya untuk menggunakan blog pribadi.

Alasannya?

1 – Kamu Tidak Perlu Pusing Memikirkan Nama Atau Brand Blog-mu

Tidak sedikit blogger pemula yang menghabiskan banyak waktu dalam memilih nama atau brand blog. Akibatnya, momentum ngeblog bisa hilang seketika.

FYI, bagian terpenting ketika mulai ngeblog adalah take action dan menulis konten berkualitas.

2 – Banyak Orang Yang Sudah Merasakan Manfaat Blog Pribadi

Banyak blogger profesional yang merintis karir ngeblognya melalui blog pribadi. Baik itu blogger lokal maupun global.

Kalau kamu sudah punya “nama” melalui blog pribadi, akan lebih mudah untuk membangun brand berikutnya. Karena marketnya sudah ada.

Tulisan kali ini akan menjabarkan tentang manfaat blog pribadi. Khususnya untuk kamu blogger pemula, agar semangat ngeblog-mu terus membara.

Let’s start!

7 Manfaat Blog Pribadi Untuk Blogger Pemula

 

1 – Menyalurkan Passion Menulis

Mayoritas blogger memiliki passion di bidang menulis. Dan blog adalah media yang tepat untuk menyalurkan passion tersebut.

Kamu bisa menuangkan berbagai ide, opini, dan sudut pandang positif dengan konsisten menulis konten di blog-mu.

Konten tersebut tidak hanya sekedar terpajang di blog. Tapi juga berpotensi dibaca oleh banyak orang. Sehingga akan sangat bermanfaat bagi yang membutuhkan.

2 – Meningkatkan Skill Menulis

Di era digital seperti sekarang ini, mayoritas informasi disajikan melalui internet, dalam bentuk tulisan dan multimedia.

Kalau kamu terbiasa menulis di blog, skill menulismu akan semakin meningkat. Sehingga peluang untuk berkarya pun akan terbuka lebar.

Contoh:

Karena memiliki skill menulis yang baik, banyak blogger diajak berkolaborasi dengan brand, untuk mempromosikan produk mereka.

Dari sini tentunya si blogger akan mendapatkan benefit.

3 – Saling Mengenal Dengan Sesama Blogger

Tugas utama kamu sebagai blogger memang menulis konten di blog. Tapi setelahnya, kamu membutuhkan “wadah” untuk mempercepat popularitas blog.

Salah satu caranya adalah menjalin hubungan dengan blogger lain. Seperti bergabung dengan komunitas blogger di kota tertentu, atau minimal ikut kopdar.

Manfaatnya, spirit ngeblog-mu tetap terjaga, bahkan mungkin akan semakin meningkat. Karena kamu bersama dengan orang – orang yang se-vibrasi.

4 – Meningkatkan Personal Branding

Manfaat blog pribadi berikutnya adalah untuk personal branding.

Kamu bisa menggunakan blog untuk personal branding, memperkuat authority, hingga memiliki pembaca yang loyal.

Contoh:

Kamu memiliki passion di bidang teknologi, dan menyalurkan passion tersebut ke dalam tulisan seputar teknologi di blog.

Dari sini kamu bisa membranding diri sebagai techno blogger. Setelah itu, kamu bisa menerbitkan konten seputar teknologi secara rutin dan berkala.

Jika dilakukan dengan konsisten dan terus berusaha menjadi yang terbaik, kamu akan memiliki authority yang kuat sebagai techno blogger.

Pada akhirnya kamu akan memiliki pembaca yang loyal.

5 – Membuka Peluang Kerja Sama

Kalau blog-mu sudah memiliki branding dan authority yang kuat, kamu akan segera mendapatkan “buahnya.”

Karena biasanya, peluang kerja sama akan mulai berdatangan.

Mulai dari pemasangan iklan di blog-mu yang tentunya akan menghasilkan uang, diminta menjadi juri lomba, hingga memandu sebuah acara.

Bahkan ada juga blogger yang diundang ke perusahaan dan stasiun televisi. Tugasnya? Bisa untuk meliput atau wawancara.

6 – Menambah Portfolio Dan Jaringan Profesional

Semua prestasi dan pencapaian yang kamu dapatkan dari ngeblog, merupakan portfolio yang berpotensi untuk terus bertambah.

Semakin banyak dan bergengsi portfolio tersebut, maka akan berdampak positif terhadap karir ngeblog-mu.

Karena kamu bisa memiliki lebih banyak jaringan profesional. Sehingga tawaran kerja sama akan semakin banyak menghampiri.

7 – Menjadi “Pekerjaan”

Banyak yang sudah membuktikan kalau profesi sebagai seorang blogger, bisa dijadikan sebagai pekerjaan. Baik itu pekerjaan utama, atau pekerjaan sampingan.

Karena jumlah uang yang dihasilkan dari ngeblog tidak kalah dengan gaji pegawai kantoran. Bahkan terkadang bisa melebihi.

Tapi yang perlu kamu perhatikan, profesi sebagai blogger tidak selalu lebih mulia ketimbang pegawai kantoran.

Karena yang terpenting adalah, pekerjaan tersebut halal, legal, dan bisa menghidupi keluarga.

Kesimpulan

Semua manfaat blog pribadi di atas baru bisa kamu dapatkan, kalau blog-mu memiliki banyak pengunjung stabil setiap bulannya.

Kalau pengunjungnya nol, mau sebagus apapun kontennya akan percuma. Karena tidak akan ada orang membaca kontennya.

Jadi selain menyediakan konten berkualitas dan bermanfaat di blog, kamu harus memiliki skill untuk mendatangkan pengunjung ke blog.

Untuk jangka panjang, akan sangat baik jika kamu bisa menguasai teknik SEO (Search Engine Optimization) dalam mendatangkan kunjungan ke blog.

SEO merupakan teknik pemasaran online jangka panjang, yang akan membantu konten blog-mu tampil di halaman 1 google.

Sehingga blog tersebut akan mendapatkan kunjungan secara natural dan organik dari mesin pencari google.

Kamu bisa mulai menerapkan teknik SEO di blog-mu sejak saat ini, dan akan menikmati hasilnya paling tidak 6 bulan ke depan.

Terkait cara belajar dan prakteknya, bisa learning by doing di google. Karena sudah banyak blog yang membahas tentang teknik SEO. Meskipun kebanyakan secara random.

Atau kalau ingin lebih serius, kamu bisa mengalokasikan budget khusus (Investasi) untuk mengikuti program Kursus SEO premium atau berbayar.

Di program ini kamu akan mendapatkan materi pembelajaran SEO yang lebih detail, runut, dan sudah terbukti berhasil membawa blog menuju halaman 1 google.

Happy blogging.

Leave a Reply