Inilah 5 Makanan Yang Membuat Bahagia

Inilah 5 Makanan Yang Membuat Bahagia

Siapa yang tidak ingin merasa bahagia? Pasti semua orang ingin selalu merasa bahagia kapanpun dan di manapun berada bukan. Karena jika hati merasa bahagia, semua hal yang dilakukan pasti akan menjadi menyenangkan, namun terkadang ada saja yang membuat pikiran tidak tenang sehingga muncul perasaan resah dan muncul gejala depresi. Jika sudah begini banyak cara dilakukan untuk membuat mood kembali, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang membuat bahagia.

Karena ternyata ada empat hormone utama yang sanggup menjaga perasaan untuk tetap bahagia, yakni dopamin, serotonin, endorfin, dan yang terakhir adalah oksitosin. Banyak orang yang beranggapan bahwa makanan manis, berlemak dan mengandung banyak gula bisa membuat perasaan lebih bahagia setelah mengkonsumsinya. Ternyata anggapan ini salah loh, makanan yang bisa memicu munculnya rasa bahagia merupakan makanan yang mengandung nutrisi, sehat dan tentunya nikmat untuk dikonsumsi.

Jadi jangan pernah salah deh, untuk memilih makanan yang bisa membuat kamu bahagia setelah mengkonsumsinya. Seperti lima makanan di bawah ini nih, tak hanya dikenal dapat membuat kamu bahagia, tapi juga sehat dan nikmat untuk dikonsumsi loh. Dan yang paling penting beberapa makanan di bawah ini mudah untuk ditemukan sehingga sangat cocok tuh untuk membantu mengembalikan mood kamu.

Mau tahu, makanan apa saja yang bisa membuat kamu bahagia? Cek di bawah ini deh, siapa tahu salah satunya adalah makanan kesukaan kamu.

Inilah 5 Makanan Yang Membuat Bahagia

1. Coklat Manis yang Membahagiakan

Bicara soal makanan yang bisa membuat kamu bahagia, coklat pastinya harus berada di urutan pertama ya. Karena sudah bukan rahasia lagi kan, jika coklat dianggap sebagai salah satu makanan yang bisa meningkatkan rasa bahagia bagi yang mengkonsumsinya. Tapi meski coklat dianggap bisa memicu kebahagiaan bagi yang mengkonsumsinya, rupanya tak semua coklat bisa menimbulkan kebahagiaan loh, karena ternyata hanya coklat hitam dengan kandungan kokoa yang lebih banyak atau lebih dikenal dengan Dark Chocolate ini lah yang bisa menimbulkan rasa bahagia ketika dikonsumsi.

Dark Chocolate sendiri memiliki kandungan antioksidan yang banyak dan bisa meningkatkan perasaan secara alami. Hal ini juga didukung oleh N-acylethanolamine yakni senyawa kimia yang memiliki kemampuan untuk menstimulasi otak dan melepaskan endorphin, makanya nih, ketika kamu mengkonsumsi coklat kamu akan merasa seperti mengalami euforia dan membuatmu merasa bahagia.

Tak hanya itu saja, Dark Chocolate juga ternyata mampu meningkatkan sistem imun loh, sehingga terbukti bisa menyehatkan jantung dan meningkatkan fungsi kognitif. Tapi ingat ya, tidak semua coklat yang kamu konsumsi bisa menimbulkan rasa bahagia, karena hanya Dark Chocolate saja nih, yang mampu memberikan rasa bahagia ketika dikonsumsi. Siapa sih, yang suka makan coklat?

2. Kenari yang Membuat Menari-nari

Makanan kedua yang bisa membuat kamu bahagia ketika mengkonsumsinya adalah kenari. Menurut sebuah penelitian, satu ons kenari mengandung empat gram protein dan ini cukup untuk membantu dan menjaga kadar gula di tubuh kamu agar tetap stabil.

Kenari dikenal mengandung serat yang baik bagi kesehatan dan juga memiliki kandungan fosfor serta sumber magnesium yang baik bagi tubuh, hal ini menjadikan kenari mampu membuat kamu merasa bahagia ketika mengkonsumsinya. Karena jika kamu kekurangan kandungan magnesium, kamu akan beresiko terkena depresi. Maka tak heran ya, jika kamu mengkonsumsi kenari, kamu akan merasa lebih tenang dan juga bahagia.

Tidak kalah penting lagi adalah kenari mengandung sel yang mampu melindungi antioksidan dan juga karbohidrat rendah sehingga mengkonsumsi kenari tidak akan membuat gula darah dan insulin melonjak tinggi. Jadi aman untuk dikonsumsi ya.

3. Tiram yang Tidak Bikin Geram

Tak hanya dikenal sebagai makanan yang baik bagi jantung, tiram juga memberikan kontribusi yang baik untuk memberikan efek perasaan senang bagi yang mengkonsumsinya, hal ini dikarenakan tiram mampu meningkatkan sirkulasi tubuh secara keseluruhan sehingga kamu bisa tuh menjadikan tiram sebagai salah satu bahan makanan untuk dikonsumsi pada saat mood kurang baik. Tak hanya itu saja, tiram juga dikenal rendah kalori loh, dan mampu menurunkan inflamasi. Nah, suka makan seafood? Jangan lupa untuk mengkonsumsi tiram juga ya.

4. Tomat Ceri yang bikin Ceria

Buat kamu yang sedang mengalami depresi atau sering mengalami depresi, kamu bisa tuh mengkonsumsi tomat ceri, karena tomat ceri dikenal sebagai salah satu makanan yang bisa membuat bahagia loh. Hal ini dikarenakan tomat ceri merupakan sumber likopen dan antioksidan yang sanggup melindungi otak serta mampu melawan depresi. Sebuah penelitian menemukan bahwa manfaat terbesar dari likopen ini adalah mampu menjadi pencegar komponen pro-inflamasi atau peradangan yang sering dikaitkan dengan kondisi depresi. Tak hanya nikmat dikonsumsi, ternyata tomat ceri juga bisa ya, membuat kamu terhindar dari depresi. Jangan lupa untuk mencobanya.

5. Susu yang Sehat dan Membahagiakan

Sama halnya dengan coklat, susu juga telah dikenal luas sebagai salah satu bahan makanan yang bisa meningkatkan perasaan senang karena susu sendiri memiliki kandungan komponen tripofan yang mampu mengkonversi diri menjadi serotonin. Serotonin ini adalah hormon bahagia yang sanggup meningkatkan perasaan. Protein yang dikandung oleh susu juga telah terbukti memiliki kandungan laktium yang sanggup memberikan efek menenangkan bagi yang mengkonsumsinya. Susu juga mengandung antioksidan, Vitamin D, Vitamin B12 yang sanggup untuk membantu kamu melawan stress. Jadi mengkonsumsi susu tak hanya bisa membuat kamu sehat tapi juga bahagia dan terhindar dari depresi ya.

Sudah tahu kan, makanan apa saja yang bisa membuat kamu merasa bahagia dan terhindar dari depresi ketika mengkonsumsinya, atau mungkin salah satunya merupakan makanan favorit kamu. Selain bisa mengkonsumsi makanan di atas, kamu juga bisa loh melakukan beberapa cara untuk menghidarkan diri dari rasa depresi. Seperti olahraga yang mampu membantu untuk melepaskan hormone dopamine dan serotonin. Jadi berolahraga selama dua puluh menit secara rutin setiap hari juga bisa menghindarkan diri kamu dari depresi.

Cara yang jauh lebih mudah lagi untuk menghidarkan diri dari depresi adalah dengan cara tertawa. Nah, tidak banyak yang tahu kan jika tertawa juga bisa memicu melepaskan hormon bahagia sehingga ketika kamu tertawa kamu akan melepaskan hormon yang bisa membuat perasaan kamu menjadi lebih nyaman dan juga membantu untuk mengurangi rasa sakit pada fisik. Tapi jangan tertawa sendiri tanpa sebab ya, bisa-bisa kamu dianggap gila.

Dan cara terbaik untuk membuat diri kamu bahagia atau meningkatkan suasana hati adalah dengan mengkonsumsi makanan yang tepat. Ya contohnya seperti lima bahan makanan yang sudah artikel ini rangkum di atas. Karena makanan di atas tak hanya terbukti baik bagi kesehatan tapi juga merupakan makanan yang membuat bahagia sehingga bisa menjadi salah satu pilihan untuk membangkitkan suasana hati biar modd lagi untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Jangan lupa untuk coba mengkonsumsinya ya.

6 Comments

  1. Bambang June 28, 2019
    • Riski Saputra June 30, 2019
  2. herva yulyanti July 4, 2019
    • Riski Saputra July 21, 2019
  3. sabda awal July 6, 2019
    • Riski Saputra July 21, 2019

Leave a Reply