Fungsi Aplikasi Pos untuk Bisnis yang Wajib Diketahui - Riski Saputra

Fungsi Aplikasi Pos untuk Bisnis yang Wajib Diketahui

Saat ini semua aktivitas sudah serba digital dan segala hal lebih mudah dilakukan hanya lewat smartphone saja contohnya aplikasi POS. Apakah aplikasi POS itu? POS adalah singkatan dari Point of Sale yaitu titik penjualan atau check-out yang menjadi tempat dimana transaksi dinyatakan selesai. Disinilah pembeli melakukan pembayaran atas barang maupun jasa yang telah dibelinya kepada penjual.

Melalui Point of Sale (POS) penjual akan melakukan penghitungan keseluruhan jumlah harga yang telah dibeli oleh konsumen serta memberikan alternatif cara pembayarannya kepada konsumen tersebut. Dalam proses ini penjual juga akan mengeluarkan bukti pembayaran atau struk atas transaksi pembelian yang dilakukan oleh konsumen.

6 Fungsi Aplikasi Point of Sales (POS)

Nah, di era digital ini Anda bisa dengan mudah mencatat penjualan dan sebagainya melalui aplikasi POS. Di dalam sebuah bisnis POS memiliki fungsi-fungsi yang cukup urgen bagi berjalannya operasional usaha. Intinya penggunaan POS bisa sangat memudahkan Anda sebagai pemilik usaha.  Tidak hanya itu, menggunakan aplikasi POS untuk laporan inventori dan penjualan di kasir juga memiliki fungsi lain, yaitu:

  1. Bisa Mendata Transaksi dengan Lengkap

Semua data transaksi yang pernah terjadi dalam periode tertentu akan dicatat dan disimpan dalam sistem aplikasi POS. Data transaksi yang disimpan dalam aplikasi tersebut membantu Anda mengetahui berapa besarnya penjualan pada setiap bulan dan periode tertentu sesuai kebutuhan. Anda juga bisa lebih mudah melihat berapa keuntungan yang didapatkan dari transaksi tersebut.

  1. Mudah Melihat Stok Barang

Ketersediaan barang menjadi hal penting bagi pelaku usaha agar konsumen tidak kecewa ketika ingin membeli sesuatu ternyata habis. Pencatatan stok barang juga diperlukan untuk memeriksa mana barang yang jumlahnya tinggal sedikit sehingga harus membeli lagi dan mana yang masih banyak sehingga tidak perlu restock

Adanya POS juga bisa membantu Anda dalam monitoring stok barang agar tidak terjadi tindak kecurangan. Tidak hanya itu, POS bisa mempermudah Anda dalam merubah harga barang ketika terjadi kenaikan atau penurunan harga suatu produk.

  1. Membuat Laporan Penjualan

Aplikasi POS juga bermanfaat untuk membuat laporan penjualan pada periode tertentu misalnya per minggu, bulanan atau beberapa bulan sekaligus. Karena memakai sistem online maka semua data laporan penjualan yang disajikan sifatnya real-time.

  1. Mempercepat Proses Transaksi

Aplikasi POS memungkinkan Anda sebagai penjual bisa melakukan proses transaksi yang lebih cepat dengan risiko kesalahan yang minimal. Cepatnya proses transaksi tentu saja membuat pelanggan senang karena tidak perlu berlama-lama mengantri di meja kasir. Apalagi POS juga bisa melakukan transaksi dengan akurat sehingga resiko terjadinya kesalahan perhitungan bisa sangat minim dan dalam satu waktu keamanan transaksi juga terjaga. 

  1. Mengetahui Produk Terlaris

Setiap penjual pasti ingin mendapatkan laba yang besar. Laba besar hanya bisa diperoleh kalau produk atau barang Anda bisa laris dibeli konsumen. Melalui aplikasi POS Anda dapat mengetahui mana produk yang habis dalam waktu cepat alias laris sehingga bisa memperbanyak stok barang tersebut. Tujuannya agar keuntungan yang diperoleh juga besar.

Itulah berbagai fungsi dari aplikasi POS yang memang sangat serbaguna. Jika Anda adalah seorang pemilik toko, kedai, cafe, resto dan sebagainya jangan ragu untuk mengunduh dan menggunakan aplikasi POS. Tujuannya supaya pengelolaan usaha bisa berjalan dengan lebih praktis, efisien, dan minim kesalahan. Dengan begitu, keuntungan dari bisnis yang dilakukan juga bisa lebih maksimal.

 

Leave a Reply