Wirausaha Muda Mandiri, Ciptakan Pengusaha Muda Mandiri

Wirausaha Muda Mandiri, Ciptakan Pengusaha Muda Mandiri

Sektor bisnis menjadi penggerak perkekonomian sebuah negara, sehingga untuk menjadi negara maju Indonesia perlu wirausahawan lebih banyak.

Menciptkan wirausahawan baru sangat diperlukan dukungan dari berbagai pihak untuk membangun  pertumbuhan ekosisitem bisnis di Indonesia.

Sehingga untuk mewujudkannya, Bank Mandiri ikut berkontribusi menciptakan pengusaha baru setiap tahunnya melalui program Wirausaha Muda Mandiri.

Program WMM telah dimulai sejak tahun 2007 dan sejak saat itu telah megkampanyekan para generasi muda untuk menjadi generasi yang mandiri dengan memulai berbisnis.

Sehingga dengan begitu mereka mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi yang lainnya.

Selain itu WMM diharapkan bisa ikut berkontribusi menciptakan ekosistem yang mendukung perkembangan wirausahawan di Indonesia.

 

Program Wirausaha Mandiri

Program Wirausaha Mandiri terus membuat invoasi program setiap tahunnya agar bisa terus mendukung kemajuan wirausahawan muda berprestasi di Indonesia.

Berikut ini program-program Wirausaha Muda Mandiri:

 

Pendampingan Wirausaha

Setiap finasil WMM atau pemenang program memiliki kesempatan mengikuti program pendampingan usaha berupa peltihan skill manajerial, pameran maupun publikasi untuk mempromosikan usaha mereka.

 

Networking

Mereka juga berkesempatan memiliki networking yang luas dengan jaringan Bank Mandiri Group dan juga nasabah korporasi Bank Mandiri untuk mendukung perkembangan bisnis.

 

WMM FORUM

Seluruh peserta WMM akan digabungkan kedalam ikatan alumni program WMM (WMM Forum) untuk bisa mendapatkan kesempatan business matching dan juga menjalin persaudaran sesame pengusaha muda dari seluruh Indonesia.

 

Publikasi

Setiap peserta pembinaan program Wirausaha Muda Mandiri mendapatkan kesempatan pendukung publikasi bisnis yang bisa menunjang perkembangan bisnis.

 

Wirausaha Muda Mandiri 2018

Seperti tahun sebelumnya, Wirausaha Muda Mandiri 2018 dikelompokan kedalam dua katagori yaitu mahasiswa dan non mahasiswa.

Kelompok mahasiswa berkesmpatan mendapatkan penghargaan Wirausaha Muda Mandiri (WMM) dan uang tunai Rp 200 juta untuk juara pertama, dan Rp 100 juta untuk juara kedua.

Sedangkan kelompok Wirausaha Muda Mandiri (WMM) mahasiswa memperoleh Rp 100 juta dan pemebang kedua sebesar Rp 50 juta.

Katagori yang dipertandingkan pada tahun ini antara lain wirausaha industry, boga, kreatif, teknologi, sosial, perdagangan dan jasa.

Acara Wirausaha Muda Mandiri telah berlangsung sejak 6 Septermber 2018 kemarin dan berakhir pada tanggal 15 September 2018 di Kota Malang.

Bertemakan “Berani Muda, Berani Berkarya” program ini terdiri dari empat kegiatan yaitu WMM Expo, Penjurian Nasional, Company Visit, dan terakhir Awarding Ceremony.

Dilansir dari Kumparan, Direktur Utama Bank Mandiri, Kartika Wirjoatmodjo, mengakatan, pelaksanaan program WMM diharapkan mampu memberikan inspirasi bagi generasi muda untuk menjadi generasi yang dapat menciptakan lapangan kerja yang peduli dan mau berkontribusi dalam pembangunan.

Beliau juga menambahkan bahwa program ini menjadi kembanggan karena dapat melipatgandakan jumlah pelaku usaha di Tanah Air.

Selain itu Menteri BUMN rini Soemarno juga hadir dalam acara Awarding Ceremony mengatakan, para pebisnis muda dari program WMM ini akan memperkuat kewirausahaan nasional.

Menurut beliau Program WMM juga ikut mendukung pengembangan industry sejalan dengan program BUMN, yaitu Rumah Kreatif BUMN, Balai Ekonomi Desa, dan program lainnya yang mendorong pengembangan ekonomi di masyarakat.

“Lewat program ini, mudah-mudahan dapat terlahir lebih banyak lagi wirausahawan-wirausahawan baru yang nantinya dapat menopang dan mendorong ekonomi Indonesia menuju ke arah yang jauh lebih baik. WMM ini juga menjadi salah satu upaya BUMN untuk selalu hadir di tengah masyarakat dan membangun negeri,” kata Rini.

Jelas saja, mulai dari tahun 2007 sampai dengan sekarang sudah ada 36 ribu wirausaha muda dari 656 perguruan tinggi di seluruh Indonesai yang tergabung kedalam komunitas Wirausaha Muda Mandiri baik sebagai juara finalis maupun peserta.

 

Pemenang Wirausaha Muda Mandiri 2018

Wirausaha Muda Mandiri

Sudah sejak bulan Maret kompetensi Wirausaha Muda Mandiri berlangsung dan dalam hasil tahapan penjurian awal terpilih 70 wirausahawan.

Mereka semua mengikuti penjurian final naisonal pada 12 September 2018 di hadapan juri yang terdiri dari perwakilan pemerintah, akademisi, praktisi, media dan Bank Mandiri.

Setelah penjurian berlangsung, berikut ini Daftar Pemenang Wirausaha Muda Mandiri 2018:

Kategori Mahasiswa

 

Bidang Usaha Industri, Perdagangan dan Jasa

Pemenang I Arnandiza Amirul Khadifa – Balon Kado

Pemenang II Agus Wibowo – Agro Lestari Merbabu.

 

Bidang Usaha Boga

Pemenang I I Putu Agi Pratama – Umah Lokal

Pemenang II Sentanah Limmase – Fermenation Indonesia

 

Bidang Usaha Kreatif

Pemenang I Malinda Amalia – Linean

Pemenang II adalah Nabila – Batik Kanawa

 

Bidang Usaha Sosial

Pemenang I Reno Pati – Rumah UPPO (Unit Pengelolaan Pupuk Organik)

Pemenang II M Zulfikri Al Qowy – Paccoo.com

 

Bidang Usaha Teknologi Digital

Pemenang I Aditya Pratama Ghifary – Media BIMBINGAN BELAJAR GRATIS Berbasis Website & Aplikasi

Pemenang II Rafliansyah Ruslan – SCOLA (Learning Management System)

 

Bidang Usaha Teknologi Non Digital

Pemenang I Alwy Herfian Satriatama – Majapahitech

Pemenang II Aprial Syahputra – HerbalFoam

 

Kategori Non Mahasiswa

 

Bidang Usaha Industri, Perdagangan dan Jasa

Pemenang I Juwita – Golden Berry

Pemenang II adalah Reza Rizky Hermawan – Hermawan Propertindo Utama

 

Bidang Usaha Boga

Pemenang I Endro Firdaus – GreenSmoothie factory

Pemenang II adalah Bintang Priyambodo – Papa Buncit

 

Bidang Usaha Kreatif

Pemenang I Bella Kartika Aprilia – Sepiak Belitong

Pemenang II adalah Ray Abdul Fatah – Ravy 26 House

 

Bidang Usaha Sosial

Pemenang I Andhika Mahardika – CV Agradaya Indonesia

Pemenang II Mohammad Andriza Syarifudin – Nusa Berdaya

 

Bidang Usaha Teknologi Digital

Pemenang I Christopher Farrel Millenio Kusuma – Kecilin

dan Pemenang II Yudhis Thiro Kabul Yunior – Detron Engineering

 

Bidang Usaha Teknologi Non Digital

Pemenang I Achmad Arbi – Lightning Advanced Solution Technology

Pemenang II Nugroho Hari Wibowo – ENCOMOTION

 

Digital Financial Technology

Pemenang I Adjie Wicaksana – Halofina – LPIK ITB

Pemenang II Bong Defendy – Zend Money

 

Untuk kategori khusus, Best of The Best WMM 2018, diraih oleh Christopher Farrel Millenio Kusuma – Kecilin. Sedangkan kategori Finalis Terfavorit WMM 2018, direbut oleh Ardana Noor Octaviandi – Bolunesia. Pemilihan pemenang terfavorit merupakan hasil banyaknya jumlah like pada media sosial Facebook yang telah terverifikasi keabsahannya oleh panitia. Proses ini sudah berlangsung sejak 6 September dan berakhir di 13 September.

One Response

  1. Blog Sabda September 26, 2018

Leave a Reply