header-blog6

Apa Tujuan Kamu Nge-Blog? | Blogging 101

Dunia blogging mungkin terlihat tidak menari bagi sebagian orang. Namun anehnya ada beberapa orang yang menggantungkan hidup dari blogging. Di luar negeri sana Blogger menjadi salah satu profesi yang sangat ditekuni bahkan digemari. Mereka sangat menikmatinya setiap aktivitas blogging yang dilakukan.

Di Indonesia memang ada beberapa orang yang fokus mengeluti dunia blogging sampai mereka menjadi ahli ataupun selebrity di dunia blogging. Selain itu ada juga yang menjadikan dunia blogging menjadi profesi sambilan mereka. Dan ada pula yang tidak peduli dan menganggap dunia blogging tidak mempunyai masa depan yang cerah.

Apapun anggapan orang lain janganlah kamu jadikan itu sebagai tolak ukur. Coba tanyakan pada dirimu yang paling dalam kenapa sih kamu mau nge-blog? Jika masih bingung saya akan coba beberikan alternatif jawaban.

Diary Online

Diary Lucu

pict by: indahmurahmudah.blogspot.com

Dikala kecil mungkin ada beberapa diantara kita yang rajin menulis diary dalam buku hariannya. Saya termasuk orang yang cukup rutin menuliskan kegiatan harian di dalam Diary. Waktu itu saya menamakan buku diary saya dengan naman “Mr. Green”. Karena warna bukunya memang berwarna hijau dan saya menganggapnya sebagai kakak laki-laki. Jadi saat menuliskannya seakan-akan saya sedang curhat dengan seorang kakak laki-laki.

Di zaman teknologi yang canggih ini, mungkin sudah saatnya move on dari buku Diary ke blog Diary. Selain kita mendukung program ramah lingkungan, blog Diary memiliki kelebihan tidak akan rusak ataupun hilang. Resiko yang mungkin terjadi adalah lupa password ataupun dihack oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Namun saya tidak pernah mendengar sampai ada blog yang di hack.

Raditya Dika merupakan salah satu jeblona blogger yang saat ini sudah sukses menjadi selebrity. Dia mengawali karir sebagai blogger dengan blog yang berisi kegiatan sehari-harinya. Kumpulan postingan blognya akhirnya dijadikan buku dan diterbikan dengan judul ‘Kambing Jantan’. Setelah menemukan dunia lainnya, dunia blog akhirnya sudah ia tinggalkan sejak satu tahun belakangan ini.

Tidak menutup kemungkinan bagi kamu bisa seperti Raditya Dika yang menjadikan blognya sebagai Diary dan menerbitkannya menjadi sebuah buku.

Menyalurkan Hobi

Kontes Burung

pict by: ronggolawe.info

Ini menjadi salah alasan yang cukup banyak bagi orang-orang untuk nge-blog. Biasanya mereka menulis semua hal tentang hobi yang digelutinya. Bagi pendaki gunung, blog menjadi sebuah portofolio perjalanan mereka. Selain itu mereka juga biasanya menuliskan beberapa postingan tentang tips, dan hal-hal lain yang berbau pendakian.

Bagi orang yang memiliki hobi makan atau jalan-jalan. Blog mereka jadikan tempat untuk menuliskan segala pengalaman mereka saat menikmati kulinernya ataupun jalan-jalan. Pecinta burung, pecinta motor dan hobi lainnya mereka pasti memiliki blog ataupun postingan tentang hobi yang mereka geluti.

Apa hobi kamu? Jadikan blog sebagai tempat kamu sharing segala hal yang berkaitan tentang hobi kamu. Blog kamu nantinya akan bisa menjadi pintu silaturahim kepada orang yang memiliki hobi seperti kamu. Asyik yaaa..

Blog Akademisi

akademisis

pict by duniadosen.com

Guru bisa menjadikan blognya sebagai tempat memberikan materi ataupun sharing segala sesuatu tentang hal yang diajarkan saat di kelas. Atau bagi kamu seorang siswa atau mahasiswa bisa menjadikan blog sebagai tempat untuk menulis materi yang diberikan oleh dosen atau guru kamu.

Biasanya beberapa guru akan menugaskan menulis dan harus memuatnya di blog. Nah kamu sudah selangkah lebih dahulu dibandingkan dengan teman yag lainnya. Oia, blog kamu juga nantinya bisa dijadikan referensi lho saat orang lain sedang mencari materi yang ternyata sudah kamu tulis di blog kamu. Asyik yaa..

Mencari Uang

mosuie

pict by moewius.de

Sekelompok orang yang nge-blog memang untuk mencari uang. Mereka menjadikan blog sebagai mencari nafkah. Biasanya mereka sudah paham tentang SEO dan membidik beberapa topik dan keyword untuk mendatangkan trafik. Sehingga jika trafik blog tinggi akan mungkin bisa dikonfersikan menjadi dollar.

Kamu bisa menjadikan blog sebagai toko online kamu. Beberapa orang yang mempunyai keahlian seperti melukis, MC, melawak, atau yang lainnya menjadikan blog sebagai portofolio proyek meraka maupun sebagai tempat promosi untuk mendapatkan proyek yang baru.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu jadikan tujuan dalam ngeblog. Kamu boleh memiliki tujuan lainnya. Silahkan tulisakan apa alasan kamu nge-blog di kolom komentar yaa. Siapa tahu komentar kamu bisa menjadi sumber inspirasi orang lain untuk ikut ngeblog juga. Asyiik yaa..

26 comments

  1. Aku ngeblog sejak 2013 awalnya buat iseng-iseng mempublikasikan tulisan hasil iseng-iseng juga yang masih jadi konsumsi sendiri. Tapi sekarang setelah tau lebih banyak tentang dunia blogging ada banyak plan, dan sampai sekarang masih jadi wacana. Sedih ya
    Buat sekarang blognya masih gado gado Om, kadang ngepost pelajaran, kadang tips, kadang sastra. Padahal harusnya blog yg baik kan jelas Niche nya ga gado-gado. Mohon bantuannya mastah, gimana bisa konsisten . Kagum sama orang yg bisa punya banyak blog dengan Niche yg beda-beda

    1. jangan lihat orang dulu yaa zaenab. fokus sama diri sendiri aja. gali hal kesukaan kamu kemudian tungkan kedalam blog kamu 🙂

  2. Tujuan awal saya buat blog sekedar ikut ikut temen. Dari itu isi blog saya berubah ubah ngikutin mood saya hehe mulai dari diary online sampe jualan pun pernah. Tapi pas kuliah ini, itu blog baru berisi 4 judul saja hehe karena saya malas menulis. Nah, akhir akhir ini saya punya beberapa kenalan yang bisa dikatakan konsisten dalam buat konten blog. Mereka itu yang bikin saya terpacu untuk seriusin blog yang udah saya punya (tapi ga keurus hehe). Ke depan saya pengen isi konten di blog saya adalah perspektif saya terhadap isu-isu hangat yang sedang ramai di masyarakat.
    Terus pengen juga bisa dapet uang dari sana.

    Mohon bimbingannya ya mas riski

    1. Bergerak sendiri akan jauh lebih berat. Selamat kamu sudah masuk grup ini dan mari kita lawan rasa malas itu. Mantap, kalau sudah punya plan mau fokus ke isu-isu yang hangat 🙂

    1. nge-blog itu bukan aktivitas pengangguran kok hheehe.
      blogger itu intelek lho. mereka banyak baca, menuliskan opini mereka, bahkan opininya bisa sangat membantu banyak orang.
      menurut saya sibuk merupakan alasan yang klasik. karena manusia diciptakan 24 jam dan tergantung bagaimana kita mengolah waktunya.

  3. Aku itu emng suka nulis dari kecil kalo sekolah suka bgt sama pelajaran bahasa Indonesia klo pas bikin cerpen, puisi, smpe mengarang bebas pun aku suka dan sangat menikmati itu, karna aku suka berimajinasi tentang banyak hal, heheee smpe akhir nya sejak smp seneng bgt nulis diary karna cinta monyet awal nya dan keterusan smpe skrg pun iya, tapi udah ga tentang cinta2 monyet lagi, secara kita itu manusia, dan yang indah itu yaa cinta sejati nama nya *eaa* dan percaya atau ngga aku punya buku motivasi loh 😀 namun sayang nya itu semua masih di tulis tangan, ada 4 buku yg skrg lg di seriusin, termasuk buku diary spesial dan buku motivasi itu, dan rasa nya agak disayangkan karna itu semua masih di tulis tangan :’D tapi ada juga kok yang tersimpan rapi di laptop dan belum mau di publish juga, karna masih belum PD sama karakter tulisan sendiri, yaah abis nya punya blog pribadi juga belum banyak postingan nya dan isi nya pun terlalu melow dan mungkin menurut beberapa orang itu keliatan agak lebay kali ya karena nulis nya terlalu pake perasaan, dan bikin mikir jadi kurang semangat buat ngepost tulisan tuh takut orang2 malah jadi ilfeel, Ya Allah :'{
    Heheee tapi skrg InsyaAllah mau coba seriusin, karna masih punya dukungan dari sahabat2 yang yakin kalo aku pasti bisa menghasilkan tulisan yang berkualitas, mereka2 suka bikin aku terbang, dan sering mikir kalo emng harus di seriusin dan gak lama2 skak gitu aja, karna aku pribadi pun masih punya cita – cita jadi penulis buku, kelak, suatu hari nanti, Aamiin 🙂 ~

    1. kereeeeen,
      dina udah punya kekuatan di nulis. tinggal kita buang rasa malunya aja nih.
      kalau sendiri emang malu sih. makanya kita bareng-bareng yahh di sini hehe

  4. Kalau tujuan saya ngeblog murni untuk diary dan konsumsi pribadi saja, maklum manusia suka lupa. Terkadang lewat tulisan saya dapat bernostalgia dengan memori yang sudah berlalu, sometimes bisa jadi kenangan manis. Awalnya gak pede untuk publikasi diary pribadi ke umum, namun lambat laun ternyata ada visitornya sendiri. Jadi pede aja deh, Alhamdulillah setiap tulisan kita akan menemukan pembacanya sendiri.

  5. Aku itu emng suka nulis dari kecil kalo sekolah suka bgt sama pelajaran bahasa Indonesia klo pas bikin cerpen, puisi, smpe mengarang bebas pun aku suka dan sangat menikmati itu, karna aku suka berimajinasi tentang banyak hal, heheee smpe akhir nya sejak smp seneng bgt nulis diary karna cinta monyet awal nya dan keterusan smpe skrg pun iya, tapi udah ga tentang cinta2 monyet lagi, secara kita itu manusia, dan yang indah itu yaa cinta sejati nama nya *eaa* dan percaya atau ngga aku punya buku motivasi loh namun sayang nya itu semua masih di tulis tangan, ada 4 buku yg skrg lg di seriusin, termasuk buku diary spesial dan buku motivasi itu, dan rasa nya agak disayangkan karna itu semua masih di tulis tangan tapi ada juga kok yang tersimpan rapi di laptop dan belum mau di publish juga, karna masih belum PD sama karakter tulisan sendiri, yaah abis nya punya blog pribadi juga belum banyak postingan nya dan isi nya pun terlalu melow dan mungkin menurut beberapa orang itu keliatan agak lebay kali ya karena nulis nya terlalu pake perasaan, dan bikin mikir jadi kurang semangat buat ngepost tulisan tuh takut orang2 malah jadi ilfeel, Ya Allah
    Heheee tapi skrg InsyaAllah mau coba seriusin, karna masih punya dukungan dari sahabat2 yang yakin kalo aku pasti bisa menghasilkan tulisan yang berkualitas, mereka2 suka bikin aku terbang, dan sering mikir kalo emng harus di seriusin dan gak lama2 skak gitu aja, karna aku pribadi pun masih punya cita – cita jadi penulis buku, kelak, suatu hari nanti, Aamiin ~

  6. Sbnrnya sy blum faham betul terkait blog.. Dan karena sy orngnya blum suka nulis, tp ada niatan untuk bisa nulis..
    Sempet baca kisah2 perjuangan membangun bisnisnya Mas Rangga Umara (Owner Pecel Lele Lela), sempet baca jg kisahnya Mas Edvan M. Kautsar (owner Kautsar Group), dan bbrp kisah lainnya yg sangat menginspirasi dari Mas Ippho, Kang Dewa Eka, atau Pak Jamil Azzaini..
    Tiba2, hati ini langsung tersontak.. Berkeinginan mnjd seperti mereka..
    Bisa memberikan inspirasi atau motivasi kepada banyak orang.. Krn sy blum pede buat nulis buku.. Hehe mungkin bisa sy cicil dg nulis di blog.. Yg goals jangka panjangnya adalah, akan sy buat mnjd sebuah buku..
    Hemm.. Itu memang planning sih.. Smoga bis istiqomah kedepannya.. Hehe aamiin

  7. Tujuan saya ngeblog, karena ingin berbagi hal2 yg mungkin dapat menginspirasi banyak orang. Selain memang ingin terbiasa menulis hingga jadi expert. Saya juga ingin menulis opini untuk dibaca orang, apalagi jurusan sewaktu kuliah (sejarah kebudayaan islam) memang berkelut dg aktivitas banyak baca lalu dituangkan dalam tulisan. Sebenarnya udah dari dulu pengen nulis di blog, tp belum diprioritaskan waktu itu, yaa… belum diseriusin.

    1. hmmm,,

      butuh banget nih mba sejarah kebudayan islam.
      biar kita bisa melek dengan sejarah.

      yukk ahh belajar manajemen waktu. hehehe

  8. Dulu “pernah bisa” bikin puisi alay2 gitu pas jaman tsn aliyah, itu pun mood2an. Daaan sampe akhirnya skrg ga mood sama sekali, ga pernah nulis lagi. Dan MAU, buat mulai lagi.

  9. Dari dulu sy mencoba untuk menuangkan fikiran melalui tulisannya, alasannya simple saja, sy mau belajar berfikir sistemis dan teratur, dan sy fikir menulis merupakan terapi yg tepat. Dan blog bs menjadi wadah untuk menampung semua uneg2 dan fikiran saya

  10. Kereeen ka.. Sebenarnya aku dulu sudah punya blog dr smp, berawal dr kegiatan eskul jurnalistik aku menemukan minat di dunia tulis menulis. Dengan menulis banyak hal yg tidak bisa aku ungkapkan, jd tersampaikan. walau aku lebih suka nulis nulis cerita, kayak diary online gitu tp aku beberapa kali ganti blog karena sering lupa sama passwordnya hiihii sampai yg terakhir udah gak tau lagi.. Terus sekarang bikin tumblr aja, tp ternyata juga belum bisa aku maksimalin, masih males buat memulainya, kalaupun sudah memulai menulis -misalnya cerita, eh bingung gimana ujungnya .

  11. saya punya cita-cita sharing ilmu melalui tulisan. itu cita-cita sejak lama. sudah pernah bikin blog, beberapa blog, he.. tapiiiii lupa id n pw krna kelamaan dicuekin. sampe penuh sarang laba2 kayaknya.

    ajari istiqomah, bang teacher..

    1. mulai sekarang. masuk ke google drive kemudian buat tulisan di word sana dan masukan id dan pass blog kita biar gak lupa hehehe..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *