Apa Tujuan Kamu Nge-Blog? | Blogging 101 - Riski Saputra

Apa Tujuan Kamu Nge-Blog? | Blogging 101

Dunia blogging mungkin terlihat tidak menari bagi sebagian orang. Namun anehnya ada beberapa orang yang menggantungkan hidup dari blogging. Di luar negeri sana Blogger menjadi salah satu profesi yang sangat ditekuni bahkan digemari. Mereka sangat menikmatinya setiap aktivitas blogging yang dilakukan.

Di Indonesia memang ada beberapa orang yang fokus mengeluti dunia blogging sampai mereka menjadi ahli ataupun selebrity di dunia blogging. Selain itu ada juga yang menjadikan dunia blogging menjadi profesi sambilan mereka. Dan ada pula yang tidak peduli dan menganggap dunia blogging tidak mempunyai masa depan yang cerah.

Apapun anggapan orang lain janganlah kamu jadikan itu sebagai tolak ukur. Coba tanyakan pada dirimu yang paling dalam kenapa sih kamu mau nge-blog? Jika masih bingung saya akan coba beberikan alternatif jawaban.

Diary Online

Diary Lucu

pict by: indahmurahmudah.blogspot.com

Dikala kecil mungkin ada beberapa diantara kita yang rajin menulis diary dalam buku hariannya. Saya termasuk orang yang cukup rutin menuliskan kegiatan harian di dalam Diary. Waktu itu saya menamakan buku diary saya dengan naman โ€œMr. Greenโ€. Karena warna bukunya memang berwarna hijau dan saya menganggapnya sebagai kakak laki-laki. Jadi saat menuliskannya seakan-akan saya sedang curhat dengan seorang kakak laki-laki.

Di zaman teknologi yang canggih ini, mungkin sudah saatnya move on dari buku Diary ke blog Diary. Selain kita mendukung program ramah lingkungan, blog Diary memiliki kelebihan tidak akan rusak ataupun hilang. Resiko yang mungkin terjadi adalah lupa password ataupun dihack oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Namun saya tidak pernah mendengar sampai ada blog yang di hack.

Raditya Dika merupakan salah satu jeblona blogger yang saat ini sudah sukses menjadi selebrity. Dia mengawali karir sebagai blogger dengan blog yang berisi kegiatan sehari-harinya. Kumpulan postingan blognya akhirnya dijadikan buku dan diterbikan dengan judul โ€˜Kambing Jantanโ€™. Setelah menemukan dunia lainnya, dunia blog akhirnya sudah ia tinggalkan sejak satu tahun belakangan ini.

Tidak menutup kemungkinan bagi kamu bisa seperti Raditya Dika yang menjadikan blognya sebagai Diary dan menerbitkannya menjadi sebuah buku.

Menyalurkan Hobi

Kontes Burung

pict by: ronggolawe.info

Ini menjadi salah alasan yang cukup banyak bagi orang-orang untuk nge-blog. Biasanya mereka menulis semua hal tentang hobi yang digelutinya. Bagi pendaki gunung, blog menjadi sebuah portofolio perjalanan mereka. Selain itu mereka juga biasanya menuliskan beberapa postingan tentang tips, dan hal-hal lain yang berbau pendakian.

Bagi orang yang memiliki hobi makan atau jalan-jalan. Blog mereka jadikan tempat untuk menuliskan segala pengalaman mereka saat menikmati kulinernya ataupun jalan-jalan. Pecinta burung, pecinta motor dan hobi lainnya mereka pasti memiliki blog ataupun postingan tentang hobi yang mereka geluti.

Apa hobi kamu? Jadikan blog sebagai tempat kamu sharing segala hal yang berkaitan tentang hobi kamu. Blog kamu nantinya akan bisa menjadi pintu silaturahim kepada orang yang memiliki hobi seperti kamu. Asyik yaaa..

Blog Akademisi

akademisis

pict by duniadosen.com

Guru bisa menjadikan blognya sebagai tempat memberikan materi ataupun sharing segala sesuatu tentang hal yang diajarkan saat di kelas. Atau bagi kamu seorang siswa atau mahasiswa bisa menjadikan blog sebagai tempat untuk menulis materi yang diberikan oleh dosen atau guru kamu.

Biasanya beberapa guru akan menugaskan menulis dan harus memuatnya di blog. Nah kamu sudah selangkah lebih dahulu dibandingkan dengan teman yag lainnya. Oia, blog kamu juga nantinya bisa dijadikan referensi lho saat orang lain sedang mencari materi yang ternyata sudah kamu tulis di blog kamu. Asyik yaa..

Mencari Uang

mosuie

pict by moewius.de

Sekelompok orang yang nge-blog memang untuk mencari uang. Mereka menjadikan blog sebagai mencari nafkah. Biasanya mereka sudah paham tentang SEO dan membidik beberapa topik dan keyword untuk mendatangkan trafik. Sehingga jika trafik blog tinggi akan mungkin bisa dikonfersikan menjadi dollar.

Kamu bisa menjadikan blog sebagai toko online kamu. Beberapa orang yang mempunyai keahlian seperti melukis, MC, melawak, atau yang lainnya menjadikan blog sebagai portofolio proyek meraka maupun sebagai tempat promosi untuk mendapatkan proyek yang baru.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu jadikan tujuan dalam ngeblog. Kamu boleh memiliki tujuan lainnya. Silahkan tulisakan apa alasan kamu nge-blog di kolom komentar yaa. Siapa tahu komentar kamu bisa menjadi sumber inspirasi orang lain untuk ikut ngeblog juga. Asyiik yaa..

26 Comments

  1. Najahatul Arifah December 13, 2016
    • Riski Saputra December 14, 2016
  2. Enab December 14, 2016
    • Riski Saputra December 14, 2016
  3. amanda December 14, 2016
    • Riski Saputra December 14, 2016
  4. Ana zhora December 14, 2016
    • Riski Saputra December 14, 2016
  5. Dina Mitsalina December 14, 2016
    • Riski Saputra December 14, 2016
  6. Rita Amrina December 14, 2016
    • Riski Saputra December 14, 2016
  7. Angga Permana December 14, 2016
  8. Dina Mitsalina December 14, 2016
  9. Alvin Andryansah December 14, 2016
    • Riski Saputra December 14, 2016
  10. Yeni December 14, 2016
    • Riski Saputra December 14, 2016
  11. Neng Nur Hanifah December 14, 2016
    • Riski Saputra December 14, 2016
  12. Muro'ah Muroah December 15, 2016
  13. Elycia Mayka December 15, 2016
  14. sari yulianti December 19, 2016
    • Riski Saputra December 19, 2016

Leave a Reply