Ikuti 10 Tips Naik Pesawat Ke Luar Negeri Untuk Pertama Kali, Tips Nomer 4 Penting Banget! – Riski Saputra

Ikuti 10 Tips Naik Pesawat Ke Luar Negeri Untuk Pertama Kali, Tips Nomer 4 Penting Banget!

Tips Naik Pesawat Ke Luar Negeri – Pesawat terbang saat ini menjadi moda transportasi andalan untuk mejangkau perjalanan ke domestik maupun mancanegera. Apalagi saat ini semakin banyak maskapai penerbangan yang menawarkan harga tiket pesawat terbang yang cukup terjangkau. Belum lagi diskon-diskon tiket pesawat yang diberikan juga cukup menggoda untuk berpergian, terutama diskon tiket pesawat ke luar negeri. Meskipun begitu, bagi sebagian orang masih banyak yang belum memahami cara naik pesawat ke luar negeri untuk pertama kalinya.

Selain waktu tempuh yang lebih cepat dibandingkan transportasi darat, saat ini maskapai pun semakin memanjakan para penumpangnya dengan fasilitas dan juga harga tiket pesawat yang ditawarkan cukup kompetitif. Tidak heran kalau saat ini masyarakat dari kalangan atas hingga kalangan bawah lebih memilih menggunakan pesawat sebagai alat transportasi khususnya perjaanan domestik di Indonesia.

Dengan adanya sosial media saat ini membuat liburan ke luar negeri semakin banyak peminatnya. Para maskapai pun mulai menawarkan beberapa pilihan rute baru penerbangan ke luar negeri bagi masyarakat Indonesia. Selain itu terdapat penawaran diskon-diskon menarik yang membuat bagi sebagian orang menjadi mungkin untuk berpergian ke luar negeri.

Lalu bagaimana dengan kamu? Apakah pernah melakukan penerbangan ke luar negeri dengan pesawat terbang? Kalau saat ini adalah penerbangan pertama kamu ke luar negeri, yuk simak 10 Tips Naik Pesawat ke Luar Negeri Untuk Pertama Kali.

Tips Naik Pesawat ke Luar Negeri

 

Buatlah Itinerary Selama Perjalanan Ke Luar Negeri | #1

tips naik pesawat ke luar negeri - itinerary

Itinerary by pixabay

Itinerary atau rencana perjalanan menjadi hal utama yang harus dipersiapkan saat hendak berpergian ke luar negeri. Itinerary ini memuat catatan daftar tujuan tempat yang akan dikunjungi dan yang akan dilakukan selama berada disana. Biasanya pembuatannya disesuaikan dengan budget yang dimiliki, tentu ini akan berpengaruh kepada pilihan maskapai penerbangan, jenis hotel dan destinasi wisata yang akan dikunjungi nanti.

Berpergian ke luar negeri tanpa itinerary, bisa membuat pengeluaran kamu semakin membengkak, dan juga saat tiba ke negara tujuan akan seperti orang kebingungan.

Carilah informasi itinerary negara tujuan yang pernah dibuat oleh orang lain. Sesuaikanlah dengan tujuan dan budget yang dimiliki. Semakin banyak mencari informasi tentang negara yang ingin dikunjungi, tentu akan semakin jelas tujuan wisata, budget, dan akomodasi yang diperlukan saat mengunjungi negara tersebut.

 

Miliki Paspor dan Visa Terlebih Dahulu | #2

tips naik pesawat ke luar negeri - paspor

paspor by pixabay

Sebelum memiliki impian pergi keluar negeri, langkah kongkrit yang bisa kamu lakukan adalah membuat paspor atau visa terlebih dahulu. Sebab paspor ini menjadi sebuah identitas resmi sebagai sebagai orang Indonesia yang sedang berkunjung ke sebuah negara. Jika tidak memilikinya maka akan dianggap sebagai imigran gelap.

Sedangkan Visa adalah sebuah dokumen resmi yang digunakan untuk masuk ke negara lain yang sudah berkerja sama secara diplomatik kepada Indonesia. Visa juga memiliki berbagai jenis yaitu visa turis, visa bekerja, visa transit, dan Visa On Arrival (VoA). Jika untuk tujuan travelling cukup menggunakan visa turis.

Perbedaan visa dengan paspor yaitu paspor wajib dimiliki oleh seluruh penduduk yang ingin berkunjung ke luar negeri. Sedangkan visa bersifat tentative, tergantung negara tujuan yang dikunjungi apakah memerlukan visa atau tidak. Karena banyak juga negara yang mengizinkan masyarakat Indonesia berkunjung ke negaranya tanpa harus memiliki visa seperti Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam, dan Brunei Darussalam.

 

Teliti Saat Memesan Tiket Pesawat | #3

tips naik pesawat ke luar negeri - teliti

teliti by pixabay.com

Setelah memiliki visa dan paspor kamu bisa langgsung memesan tiket pesawat ke negara tujuan. Namun hal yang harus diperhatikan dengan teliti adalah saat proses memesan tiket pesawat sebaiknya cek kembali data diri yang dimasukan harus sesuai dengan data diri di kartu identitas dan juga paspor.

Karena jika terjadi kesalahan pada nama di tiket pesawat kita bisa berakibat sangat fatal. Kamu bisa langsung dideportasi dari negara tujuan akibat kesalahan kecil pada bagian nama atau lainnya pada tiket kamu.

Ada beberapa maskapai penerbangan yang menyediakan fasilitas koreksi nama jika terjadi kesalahan, tetapi prosesnya cukup memakan waktu, dan juga ada maskapai yang tidak menyediakan fasilitas ini. Bisa dipastikan kamu harus membeli tiket baru jika hal ini terjadi. Tentu itu tidak diinginkan, sebaiknya teliti kembali saat memesan tiket pesawat.

 

Datang 3 Jam Sebelum Waktu Keberangakatan | #4

tips naik pesawat ke luar negeri - tepat waktu

tepat waktu by pixabay

Lebih baik hadir lebih awal, sebab terlambat 1 menit saja akan membuat kamu ketinggalan pesawat. Setelah mendapatkan tiket, cek kembali hari dan jam keberangakat pesawat. Datanglah 3 jam sebelum keberangkatan tiba, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Apalagi saat perjalanan menuju ke bandara harus terjebak macet, jika kamu berangkat terlalu mepet dari jam keberangkatan bisa ketinggalan pesawat. Sebaiknya tidak melakukan hal ini, selain terburu-buru, dalam kondisi ini kamu baru pertam kali lho ke luar negeri, jadi pastikan momen ini memiliki kesan yang baik.

 

Sebaiknya Tidak Membawa Botol Berisi Cairan | #5

tips naik pesawat ke luar negeri - cairan

cairan by pixabay

Setiap maskapai penerbangan memiliki peraturan tentang benda-benda yang boleh dibawa ke dalam kabin dan yang tidak boleh dibawa. Jangan sampai kamu sudah membawa barangnya tetapi harus ditahan karena tidak boleh dibawa masuk ke dalam kabin pesawat.

Benda-benda tajam, benda-benda yang mudah meledak tidak boleh dibawa oleh penumpang ke dalam kabin. Namun untuk sebuah pisau cukur atau gunting kuku masih ditolerir untuk dibawa tetapi harus disimpan ke dalam bagasi kompartemen atau bagasi check in.

Secara umum, peraturan penerbangan internasional tidak memperbolehkan membawa penumpangnya botol yang berisi cairan lebih dari 100 ml. Karena dikhawatirkan botol (khususnya berbahan plastic) akan menggelembung akibat tekanan udara yang tidak stabil di dalam kabin dan akan membuat kekacauan nantinya.

 

Lakukan Check-In dan Pemeriksaan Paspor di Bagian Imigrasi | #6

tips naik pesawat ke luar negeri - check in

check in by pixabay

Chek-in sangat diperlukan untuk mendata setiap penumpang sudah tiba atau keluar dari sebuah negara. Konter untuk melakukan chek-in sudah bisa dimulai sejak 3 jam sebelum keberangkatan. Inilah sebabnya sebaiknya datang 3 jam sebelum jam keberangkatan, agar bisa melakukan chek-in terlebih dahulu.

Pada proses ini akan dilakukan pemeriksaan dan pencocokan identitas diri berupa paspor, KTP, dan SIM. Selain itu juga jika kamu memesan bagasi atau mendapat kuota bagasi kompartemen gratis, daftarkan juga barang-barang bawaan tadi saat melakukan check-in.

Dalam proses chek-in juga bisa menentukan posisi tempat duduk saat dipesawat sebelum kursinya penuh. Dan setelah itu kalian akan mendapatkan Boarding Pass yang menjadi tanda kamu dizinkan masuk ke dalam pesawat.

 

Sebaiknya Selalu Jaga Boarding Pass Sampai Tiba Ke Negera Tujuan | #7

tips naik pesawat ke luar negeri - boarding pass

boarding pass by pixabay

Jika sudah mendapatkan boarding pass, itu tandanya kamu sudah selesai dengan segala urusan admintrasi yang ada.  Simpan baik-baik boarding pass kamu, sebab disitu berisi seluruh data pribadi yang sudah kamu input sebelumnya saat memesan tiket pesawat. Minimal jaga baik-baik sampai tiba di bandara negara tujuan. Dan jangan sampai memposting barcode yang ada di boarding pass ke sosial media, sebab ketika barcode dibaca akan langsung menampilkan identitas diri kamu.

 

Selalu Bawa Barang Berharga Ke Dalam Kabin Pesawat | #8

tips naik pesawat ke luar negeri - barang berharga

barang berharga by pixabay

Selalu bawa barang berharga ke dalam kabin pesawat, sebab jika menaruhnya di bagasi tidak ada yang menjamin barang kamu akan aman. Bawalah barang-barang seperti laptop, dompet, gadget, perhiasan ke dalam kabin pesawat. Kamu bisa meletakannya ke dalam tas khusus dan menaruhnya di bagasi kabin yang terletak di atas tempat duduk.

 

Simak Dan Ikuti Semua Intruksi Awak Kabin Selama Berada Di Dalam Pesawat | #9

tips naik pesawat ke luar negeri - pramugari

pramugari by pixabay

Jika sudah mendengar pengumuman untuk segera naik ke pesawat, bergegaslah ke ruang boarding. Pastikan kembali barang bawaan yang akan dibawa ke dalam kabin pesawat. Saat sudah berada di dalam pesawat, simak dan ikuti semua intruksi dari awak kabin mulai dari peletakan barang di bagasi kabin, menggunakan seat belt, dan hal-hal lainnya.

 

Nikmatilah Penerbangan Ke Luar Negeri | #10

tips naik pesawat ke luar negeri - enjoy trip

enjoy trip by pixabay

Nikmatilah sensasi selama penerbanggan ke luar negeri, jika pergi saat siang hari dan cuaca sedang cerah, kamu bisa melihat gumpalan awan yang samar menutupi pemandangan di bawahnya.

Setelah sampai di negara tujuan buka kembali itinerary yang sudah dibuat dan jangan sungkan untuk bertanya kepada petugas bandara atau warga lokal jika kamu mendapati kesulitan nantinya.

Selamat Berlibur..!

Leave a Reply