Review Film Sweet 20: Hargai Masa Mudamu! - Riski Saputra

Review Film Sweet 20: Hargai Masa Mudamu!

Setelah kemarin saya Review Film Wonder Woman yang dibuat penasaran dengan aksi-aksi heroik Galgadots. Kali ini mencoba Review Film Sweet 20 yang kali dipaksa untuk nonton oleh adik perempuan saya. Sebelum dirilis ada beberapa media, dan youtuber yang membahas tentang film ini. Salah satu yang udah saya tonton adalah Youtube Raditya Dika yang membahas cukup banyak tentang film ini.

Raditya Dika dalam videonya menghadirkan artis-artis yang berakting dalam film ini yaitu: Tatjana Saphira (Fatmawati muda/Mieke), Oma Niniek L. Karim (Fatmawati), Om Slamet Rahardjo (Hamzah), dan Kevin Julio (Juna). Pada video itu Radit menyajikannya seperti talkshow membincangkan tentang hal-hal menarik yang ada di Film Sweet 20. Dan juga menurut pengakuan Oma Niniek L. Karim film ini merupakan adaptasi dari film Miss Granny yang ada di korea selatan dan bukan hanya mengadaptasi tetapi juga pembuatannya dilakukan oleh dua production house yaitu Starvision Plus (Indonesia) dan CJ Entretaiment (Korea Selatan).

 

Begini Ceritanya

Saya coba menceritakan sedikit film Sweet 20 ini, semoga tidak terlalu spoiler banget. Film ini menceritakan seorang nenek bernama Fatmawati yang tinggal bersama seorang anaknya, menantu dan kedua cucunya.

Di masa tuanya ini Fatmawati sering mengunjungi panti jompo untuk menghabiskan waktu bersama teman-teman seusianya. Fatma memiliki seorang teman lelaki yang dulunya juga teman masa mudanya, Hamzah. Fatma dan Hamzah sering melakukan dansa bersama sambil membicarakan banyak hal, salah satunya adalah keinginan Fatma meninggal sebelum umur 30.

Suatu hari terjadi sebuah konflik di keluarga anaknya yang membuat Fatma tersinggung saat mendengarnya dari luar rumah. Karena konflik itu, Fatma akhirnya menenangkan diri keluar rumah dan pada saat itu dia menemukan sebuah studio foto bergaya tahun 56. Fatma akhirnya masuk ke dalam studio foto tersebut dengan niat sebagai kenangan saat dia meninggal nanti.

Namun saat hendak difoto, sebuah perkataaan tukang foto yang diperankan oleh Henky Solaiman yang menyampaikan akan membuatnya lebih muda 50 tahun menjadi seperti sebuah mantra sihir. Setelah itu wajah dan seluruh tubuh fatma berubah menjadi seperti gadis berusia 20 tahun. Fatma baru menyadarinya saat dia digoda oleh preman di sebuah mini bus.

Karena tidak percaya dengan perubahan yang sangat drastis ini. Fatma muda kembali mengunjungi studio foto tadi. Namun sayang, studio tadi hilang bagaikan sebuah magic. Dengan perubahannya ini tidak mungkin fatma kembali ke rumah anaknya.

Fatma muda memutuskan untuk ngekos di kamar yang disewakan oleh Hamzah temannya sendiri. Hamzah tidak mengenali perubahan drastis yang terjadi pada fatma. Selama ngekos Fatma muda juga masih mengunjungi panti jompo dan menari bersama lansia disana.

Tiba saat Rahayu (diperankan oleh Widyawati Sophiaan) melakukan pertunjunkan nyanyi untuk merayu Hamzah. Kali ini menjadi kesempatan buat Rahayu untuk mendekati Hamzah karena Fatma dikabarkan menghilang. Padahal mereka tidak tahu bahwa Fatma sudah berubah menjadi gadis 20 tahun.

Mungkin karena rasa cemburu, Fatma muda akhirnya mengentikan Rahayu dengan alasan goyangannya terlalu seronoh dan mencoba menggantikannya dengan menyanyikan sebuah lagu. Saat itu Alan yang sedang mencari penyanyi mendengar suara merdu fatma dan begitupun dengan Juna yang sedang mencari vokalis baru untuk bandnya.

Apakah Alan dan Juna akan medapatkan apa yang diinginkannya? Apakah Fatma akan muda selamanya? Apa saja yang dilakukan Fatma saat dirinya kembali muda? NAH! Kalau ini silahkan segera ke bioskop terdekat untuk menonton film ini. Hehehe (:D)

 

Hargai Masa Mudamu!

Film ini memberi banyak pelajaran buat saya pribadi. Khususnya tentang bagaimana menghargai masa muda. Fatma beruntung bisa mengalami masa mudanya dua kali. Bagaimana dengan kita yang sedang menjalani masa muda?

Pertanyaan besar tergambar dibenak saya setelah keluar dari ruang bioskop yaitu tentang waktu, dan impian. Saya kemudian mengingat kembali waktu yang sudah lampau sudah dihabiskan untuk kegiatan apa saja, dan juga menggingat kembali impian-impian yang masih harus diperjuangkan.

Satu pelajaran penting yang tergambarkan dari film ini oleh saya adalah hargai masa muda kita lagi, karena kita tidak akan mungkin menemukan studio foto yang merubah menjadi muda lagi seperti yang dialami oleh Fatma.

 

Setitik Nila

Setiap film pastilah memiliki kekurangan, namun saya tidak menemukannya. Mungkin karena sangat menikmatinya yaa dan juga belum terlalu paham dengan dunia film, selama ini hanya menikmati jarang sekali mengeritik sebuah film. Kecuali emang filmnya ancur banget macam tugas film anak sekolahan, barulah saya berani maki-maki dan mengeritik.

Tapi penikmat lainnya berkata lain, karena film ini adalah adaptasi dari Film Korea berjudul Miss Granny banyak yang bilang ada hal-hal yang kurang seperti rasa haru kurang tercipta dibandingkan versi aslinya. Tapi menurut saya pribadi, ini keren kok, Indonesia banget. Meskipun film ini merupakan adaptasi tapi membawa banyak kenangan di era-era oma Niniek Muda dulu, dan saya sangat menikmatinya.

Alasan Kamu Harus Nonton Film Ini

Banyak Hikmahnya

Selain hikmah tentang menghargai masa muda masih banyak lagi yang bisa kita petik dari film ini. Sebaiknya kamu menonton film ini bersama keluarga supaya hikmah lainnya bisa terpetik dan tersampaikan ke seluruh keluargamu.

Lucu dan Haru Membuat Sebuah Harmoni

Mungkin ini film komedi pertama saya yang selain tertawa juga bisa merasa haru dengan beberapa adegannya. Biasanya film komedi ini dilapisi dengan tingkah-tingkah aneh dari para pemainnya sehingga membuat para penonton mengocok perut. Film ini juga banyak membuat para penonton tertawa terpingkal-pingkal.

Lucu dan haru membuat sebuah harmoni yang indah. Bagaiamana tidak, kita sebagai penonton tertawa lalu merenung tertawa begitu dibeberapa adegan. Tapi paduan ini membuatnya indah.

Film Lebaran Keluarga

Cocok sih dilabeli dengan film lebaran keluarga untuk film Sweet 20 ini. Karena kita bisa tertawa terbahak-bahak lalu merenung bersama keluarga kita. Setelah pulang bisa bercerita adegan lucunya sambil mengaplikasikan hikmahnya di keluarga.

Oke itulah tadi tulisan saya tentang Reveiw Film Sweet 20, semoga memenuhi ekspetasi kamu yaa. Sampai jumpa ditulisan berikutnya.. Salam Happy! 🙂

2 Comments

  1. eightsun July 7, 2017
    • Riski Saputra July 9, 2017

Leave a Reply