MITA, Layanan Kekinian dari Bank Mandiri - Riski Saputra

MITA, Layanan Kekinian dari Bank Mandiri

#SaatnyaTanyaMITA – Selama ini yang saya tahu, bahwa untuk menyampaikan keluhan, meminta bantuan, ataupun jika ingin mendapatkan informasi seputar bank, saya mesti menghubungi customer service. Namun seiring berkembangnya teknologi, cara untuk menyampaikan hal-hal tersebut kini bisa dilakukan dengan lebih mudah dan praktis, diantaranya melalui media sosial seperti facebook, twitter, dan Instagram.

MITA Bank Mandiri

Terlebih sekarang adalah zamannya generasi milenial, bukan? Segala yang berbasis gadget sudah sangat melekat di masyarakat terutama kalangan mudanya.  Artinya apa? Bahwa siapa yang tidak dapat beradaptasi dengan kemajuan teknologi maka bersiaplah untuk tenggelam, terutama bagi mereka yang berkecimpugn di dunia bisnis. Bank Mandiri, sejak tanggal 15 Maret 2018, Bank Mandiri meluncurkan fitur baru di dalam websitenya, yakni layanan chatbot Mandiri Intelligence Assistant (MITA). Fitur ini merupakan layanan yang dikemas secara modern. Jika selama ini kita bisa memberi saran dan menyampaikan keluhan mengenai Bank Mandiri melalui email dan media sosial, kini saatnya tanya MITA untuk mendapatkan informasi sesuai yang kita ingin dapatkan.

Akan tetapi penyampaian informasi dari MITA tidak semuanya diberikan kepada kita, seperti rahasia bank sebagaimana yang telah diatur dalam perundang-undangan maupun yang terkait dengan data finansial nasabah. Dan untuk layanan MITA sendiri, Bank memiliki kewenangan unuk menghentikan layanan tersebut untuk keperluan pembaharuan, pemeliharaan atau untuk tujuan lain dengan alasan apapun yang dianggap baik oleh Bank, dan untuk itu Bank tidak berkewajiban mempertanggungjawabkannya kepada siapapun. Kemudian Bank Mandiri juga berhak mengubah ketentuan-ketentuan terkait MITA dan mandiri chat yang akan diberitahukan oleh Bank Mandiri dalam bentuk dan melalui sarana apa pun yang sesuai ketentuan hukum yang berlaku. Untuk menjaga keamanan data pengguna, pengguna dilarang untuk menyampaikan informasi yang bersifat rahasia, seperti User ID, Password, PIN, OTP serta CVV/CVC yang terdapat di belakang kartu saat sesi percakapan berlangsung.

Lalu, bagaimana cara menggunakan layanan MIT tersebut?

Untuk dapat menggunakan layanan MITA, pengguna wajib terlebih dahulu mengunduh aplikasi chatting yaitu LINE, Telegram dan Facebook Messenger dari app store atau playstore serta memastikan bahwa pengguna telah mengikuti (follow) akun resmi Bank Mandiri @bankmandiri/@bankmandiri_officialbot. Pengguna wajib memastikan bahwa akun @bankmandiri/@bankmandiri_officialbot yang telah diikuti merupakan akun resmi (official account) yang terdaftar serta telah diberi tanda verifikasi khusus pada masing-masing aplikasi chatting yang diunduh. Setelah pengguna mengikuti (follow) akun resmi Bank Mandiri @bankmandiri/@bankmandiri_officialbot, pengguna dapat memulai sesi percakapan pada layanan MITA.

Selain MITA, ada juga layanan Mandiri Chat. Dimana untuk menggunakan layanan ini, pengguna wajib terlebih dahulu melakukan registrasi melalui widget mandiri chat. Registrasi dilakukan dengan mencantumkan data yang diperlukan seperti nama, alamat email, dan nomor telepon. Setelah melakukan registrasi, pengguna dapat memulai sesi percakapan di mandiri chat.

Bank Mandiri merupakan perseoran yang berdiri atas pengambilalihan kepemilikan saham atas empat bank pemerintah pada tanggal 2 Oktober 1998. Bank Mandiri merupakan salah satu bank yang paling terkenal di Indonesia dan saat ini tengah bersinergi dengan beberapa perusahaan anak untuk mendukung bisnis utamanya, yaitu: Mandiri Sekuritas (jasa dan layanan pasar modal), Bank Syariah Mandiri (perbankan syariah),  Bank Mandiri Taspen/Mantap (Kredit UMKM), AXA-Mandiri Financial Services (asuransi jiwa), Mandiri InHealth (asuransi kesehatan), Mandiri AXA General Insurance (asuransi umum), Mandiri Tunas Finance (jasa pembiayaan), Mandiri Utama Finance (jasa pembiayaan), Mandiri International Remittance (remitansi), Mandiri Europe (treasury & financial institution) dan Mandiri Capital Indonesia (Pembiayaan modal ventura).

Hingga Desember 2017, jaringan Bank Mandiri telah tersebar di seluruh Indonesia yang meliputi 2.631 kantor cabang dan 7 kantorcabang/perwakilan/perusahaan anak di luar negeri. Layanan distribusi Bank Mandiri juga dilengkapi dengan 17.766 unit ATM yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus, Electronic Data Capture (EDC) serta jaringan e-banking yang meliputi Internet Banking, Mandiri Online, SMS Banking, Call Center 14.000 dan juga sekarang program #SaatnyaTanyaMITA.

Leave a Reply