Cara Mencari Ide Menulis Blog | Blogging 101

Ide untuk menulis blog sering kali menjadi sebuah masalah bagi sebagian orang. Itu tidak akan terjadi lagi jika kamu sudah mengetahui cara mencari ide menulis blog. Tanpa kita sadari ide untuk menulis blog itu banyak sekali sumbernya. Kadang kita tidak menyadarinya secara pasti dan malah terus mengkambinghitamkan kehabisan ide saat ingin menulis blog. Berikut ini beberapa sumber yang bisa kamu jadikan ide untuk menulis blog:

1. Buku

Bagi kamu seorang book holic kamu bisa berikan opini atau review  tentang buku yang telah dibaca. Atau membahas satu topik dalam buku yang sudah dibaca kemudian dikembangkan dengan mengambil bahan dari beberapa sumber terpercaya lainnya. Dari sini kamu sudah mendapatkan dua bahan postingan. Pertama bisa review buku yang sudah dibaca. Kedua, bahas satu topik dan kembangkan dengan tambahan beberapa sumber yang ada.

2. Film

Bagi pecinta film kamu bisa gali ide-ide menulis blog dari film yang sudah ditonton. Kamu bisa review film yang sudah kamu tonton, atau membahas aktor dari film-film yang sudah kamu tonton. Cara ini bisa kamu gunakan ketika kehabisan ide dalam menulis blog.

3. Musik/Video Clip

Tidak ada salahnya memberikan opini terhadap lagu yang sudah kamu dengar atau video clip yang sudah ditonton. Biasanya orang akan mendengarkan sebuah lagu jika sudah ada beberapa orang yang merekomendasikannya. Jika musiknya sesuai dengan kesukaannya maka mereka akan sangat berterima kasih kepada kamu karena sudah mereview lagu-lagu yang sudah kamu dengar.

4. Seminar/Acara lainnya

Nah, biar gak buntu soal ide menulis blog. Coba deh ikut seminar atau acara yang sesuai dengan tema blog kamu. Biasanya dari sana muncul banyak sekali ide untuk menulis blog. Karena kamu akan dapat pengalaman dan ilmu baru yang kamu bagikan dalam blog kamu.

5. Diskusi Dengan Orang Lain

Kalau kamu atau teman kamu mengajak diskusi coba untuk disimak baik-baik. Jawab dan tanya dengan sungguh-sungguh, selain bisa menjawab kebingungan yang ada. Diskusi bisa menjadi sebuah ide tulisan blog kamu lho..

6. Website atau Blog orang lain

Mencari ide dari blog atau website orang lain boleh kok. Tapi haram hukumnya kamu copas tulisan dari blog atau website mereka. Coba untuk gunakan metode ATM (Amati, Tiru, Modifikasi). Lakukan sedikit modifikasi dengan menggunakan bahasa yang kamu banget. Dari sini sudah jadi sebuah ide tulisan yang cemerlang. Intinya jangan COPAS! TITIK!

Itu beberapa ide yang biasanya saya gunakan dalam menulis blog. Kadang kala saya juga masih suka buntu dalam menulis. Nah, bantu saya jika kamu punya cara lain dalam cara mencari ide menulis blog. Silahkan tulisakan di kolom komentar yaaa…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *