Grand ITC Permata Hijau, Pusat Batik Murah di Jakarta - Riski Saputra

Grand ITC Permata Hijau, Pusat Batik Murah di Jakarta

Batik merupakan sebuah kain bergambar kumpulan titik dibuat dengan cara khusus dan dibentuk dengan motif yang khas. Batik Indonesia sudah dikenal diseluruh dunia karena kualitas bahan, dan juga motif yang sangat beragam. Tidak heran, sejak 2 Oktober 2009 Batik Indonesia ditetapkan sebagai warisan budaya oleh UNESCO.

Sebagai generasi penerus sudah seharusnya bangga dan terus melestarikan budaya ini. Sehingga tidak terulang kejadian klaim budaya oleh negara lain. Berbagai tindakan dilakukan untuk terus melestarikan budaya ini, diantaranya seperti menetapkan salah satu hari menjadi hari batik nasional setiap tanggal 2 Oktober, dan mewajibkan karyawan kantor swasta ataupun pegawai negeri memakai seragam batik.

Grand ITC Permata Hijau sebagai pusat perbelanjaan di Jakarta ikut mendukung program pemerintah dalam melestarikan budaya batik dengan membuat salah satu lantainya menjadi Pusat Batik Jakarta yang terletak di lantai 2.

Sejarah Singkat Batik di Indonesia

sejarah batik indonesia

Masyarakat Indonesia tempo dulu sedang menulis kain batik via batiksemarang.com

Sejarah batik di Indonesia memiliki hubungan erat dengan penyebara ajaran Islam di Pulau Jawa dan juga perkembangan Kerajaan Majapahit. Beberapa catatan sejarah menjelaskan bahwa perkembangan batik terjadi saat zaman Kesultanan Mataram, dilanjutkan di zaman Kasunanan Surakarta dan Kesultanan Yogyakarta.

Awal abad ke 19 menjadi tahun kesenian batik mulai dikenal secara umum dan meluas di Indonesia khususnya di Pulau Jawa. Sebelumnya kesenian batik hanya bisa dinikmati oleh keluarga kerajaan saja. Kemudian rakyat jelata pada saat itu menirunya dan ternyata meluas bahkan sampai membatik menjadi sebuah pekerjaan wanita rumahaan pengisi waktu luang pada saat itu. Sejak saat itulah batik mulai dikenal oleh semua orang hingga saat ini.

Jenis Batik di Indonesia

Jika kamu tanya ada berapa banyak jenis batik di Indonesia, maka saya cuma bisa jawab buuaanyaak. Tapi saya akan coba jabarkan sedikir jenis-jenis batik yang diambil dari berbegai sumber. Dibawah ini beberapa klasfikasi jenis batik yang kamu bisa ketahui sebelum membeli batik.

Batik Berdasarkan Teknik Pembuatannya

Batik berdasarkn teknik pembuatannya terdiri dari Batik Tulis, Batik Cap, Batik Lukis, dan Batik Printing.

Batik Tulis

Batik tulis merupakan sebuah motif batik yang dihiaskan di sebuah kain dengan menggunakan tangan langsung. Proses pembuatannya diawali dengan pembuatan motif menggunakan pensil, lalu memasuki proses pewarnaan yang terdiri dari beberapa tahap seperti mencelupkan kain untuk memberi warna dasar pada kain, menggambar motif dengan menggunakan lilin/malam cair dan canting -alat menggambar batik-.

kain batik tulis indonesia

tangan terampil yang sedang membuat batik tulis via bintang.com

Tidak semua kain bisa diproses menjadi sebuah kain batik. Hanya kain-kain tertentu saja yang bisa digunakan untuk membatik seperti kain sutra, kain katun, atau kain mori. Pada batik tulis ini kamu tidak akan menemukan corak motif yang sama, ini karena proses pembuatannya menggunakan tangan yang memakan waktu sampai berbulan-bulan. Tidak heran jika batik tulis memiliki harga yang jauh lebih mahal dibandingkan dengan jenis batik lainnnya. Kamu dapat mengetahui kain batik ini dengan melihat motif dan warna yang tembus sampai bagain belakang kain.

Batik Cap

Batik cap ialah hiasan kain batik yang dibuat dengan cara cap yang proses pembuatannya memakan waktu 2 – 3 hari untuk menjadi sebuah kain batik. Sama seperti batik tulis, batik cap juga dibuat langsung menggunakan tangan tanpa bantuan proses mesin.

kain batik cap indonesia

memperlihatkan proses batik batik cap via kratonpedia.com

Meskipun prosesnya sama menggunakan tangan namun batik cap proses pembuatannya lebih cepat dibandingkan dengan batik tulis. Ini disebabkan motif sudah dibuat di sebuah besi tembaga yang nantinya dicelukan ke lilin panas dan bisa langsung untuk dibentuk motifnya.

Ada satu lagi perbedaannya yaitu, batik cap tidak tembus hingga bagian belakang. Selain itu juga batik cap memiliki garis motif lebih lebar dibandingkan dengan batik tulis, permukaan yang lebih mengkilap, motifnya cenderung sama diantara ornamen, jarak pola memiliki jarak, dan permukaan kain lebih mengkilap.

Batik Lukis

kain batik lukis indonesia

hasil batik lukis bermotifkan burung ubud-ubud via rt36kampoengcyber.com

Batik lukis merupakan proses membatik dengan cara di lukis langsung di kain putih. Selain batik tulis, ternyata batik lukis ini juga cukup banyak dimintai oleh wisatawan mancanegara. Batik lukisan ini juga terlebih dahulu dibuat pola-pola hiasan dengan bahan yang tidak tembus dengan warna, penggunaan polanya sama seperti halnya batik tulis. Namun dalam proses pembuatannya batik lukis dapat menggunakan berbagai macam sifat untuk menggambar suatu pola untuk mendapatkan hasil warna yang bagus istilah ini disebut mixed media. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat motif pada batik lukis ini adalah lilin lampu, pastel, dan cat air.

Batik Printing

batik printing indonesia

sebuah mesin sedang melakukan proses printing via youtube.com

Batik yang satu ini sunggu berbeda dengan yang jenis batik-batik yang di atas. Kali ini dengan memanfaatkan teknologi, sebuah motif kain batik bisa dibuat dengan cara dicetak langsung dengan mesin khusus. Sehingga proses pembuatannya jauh lebih cepat dibandingkan batik tulis, batik cap, ataupun batik lukis. Nah lebih hebatnya lagi batik printing ini bisa menghasilkan banyak sekali motif, pola, dan warna sesuai dengan keinginan pasar. Terakhir, batik ini jauh lebih murah harganya lho dibandingan jenis yang lain.

Batik Berdasarkan Corak

Kalau tadi batik berdasarkan teknik pembuatannya selanjutnya, batik berdasarkan coraknya. Indonesia memiliki banyak sekali corak batik yaitu Batik Kraton, Batik Sudagaran, Batik Cuwiri, Batik Petani, Batik Tambal, Batik Sida Mukti, Batik Sekar Jagad, Batik Pringgondani, Batik Kawung, Batik Sida Luhur, Batik Sida Asih, Batik Semen Rama, dan Batik Jlamprang

Batik Berdasarkan Daerah Asal

Batik juga bisa dikelompokan berdasarkan asal daerahnya lho yaitu Batik Bali, Batik Banyumas, Batik Betawi, Batik Besurek, Batik Madura, Batik Malang, Batik Pekalongan, Batik Tegal (Tegalan), Batik Solo, Batik Yogyakarta, Batik Tasik, Batik Aceh, Batik Cirebon, Batik Jombang, Batik Banten, Batik Tulungagung, Batik Kediri, Batik Kudus, Batik Jepara / Batik Kartini, Batik Brebes, Batik Minangkabau, Batik Minahasa, Batik Belanda dan Batik Jepang

Itulah tadi sekilas pengenalan tentang batik agar saat kamu belanja batik di Pusat Batik Murah Jakarta yaitu Grand ITC Permata bisa lebih jelas mengenali jenis batik, motif dan asalnya.

Empat Alasan Ini Membuat Kamu Harus Belanja Batik di Grand ITC Permata Hijau

pusat batik murah jakarta

sebuah papan yang terpajang di Grand ITC Permata Hijau via ariyolo.id

Grand ITC Permata Hijau ikut melestarikan budaya kesenian batik dengan cara bekerja sama dengan pengusaha batik Pekalongan untuk memenguhi kebutuhan para konsumen pecinta batik agar tidak perlu jauh-jauh membeli kain batik maupun produk batik lain yang berkualitas. Kamu bisa langsung datang ke lantai dua Grand ITC Permata Hijau ini dan bisa langsung menyaksikan banyak sekali motif-motif batik yang sudah disulap menjadi berbagai model pakain seperti kebaya, kemeja kerja, bahkan sampai busan anak-anak. Untuk lebih meyakinkan lagi berikut ini beberapa alasan sebaiknya kamu berbelanja batik di Pusat Batik Murah Jakarta Grand ITC Permata Hijau.

Harga Lebih Terjangkau

Sebagai bentuk komitmen awal Grand ITC Permata Hijau dengan para pengusaha batik Pekalongan dalam melestarikan batik di Indonesia khususnya di Jakarta. Lantai dua dari gedung ini menyajikan produk batik yang berkualitas namun dengan harga yang jauh lebih terjangkau.

Banyak Koleksi Batik Modern dan Kekinian

Saat ini batik tidak melulu identik dengan pakaian orang tua. Bagi kita kaum muda juga bisa bergaya dengan produk batik ini lho. Nah di sini tersedia penjual produk batik yang menjual busana batik modern dan kekinian. Dijamin motif dan modelnya pasti tidak ketinggalan zaman. Datang dan buktikan sendiri yaa.

Belanja Batik Free Transport

Kabar gembira nih buat kamu, kamu bisa puas ngebrong batik lebih banyak lho. Karena pihak Grand ITC Pertamata Hijau akan memberikan cash back uang transport yang sudah kamu bayarkan untuk sampai ke sana.

pusat batik murah jakarta

Poster publikasi promo gratis transport via bloggerjakarta.net

Syaratnya yaitu dalam satu grup minimal harus ada 5 orang dengan total belanja minimal 1 juta rupiah, kamu bisa menukarkan struk belanja dan billing taksi online di booth informasi lantai dasar Grand ITC Permata Hijau untuk mendapatkan cash back uang transpor sekaligus juga uang transport pulangnya lho. Asikk donkk..

Oia, kalau kamu belanja minimal 500 ribu juga berhak mendapatkan dompet atau scraft batik lho. Dan juga ada undian berhadiah lho yang nilainya ratusan juta.

Mampir Bisa Dapat Souvenir

pusat batik murah jakarta

Poster publikasi promo gratis sovenir via bloggerjakarta.net

Saya mau kasih bisikan program nih buat khusus pembaca blog ini. Bagi kamu yang berkunjung ke Pusat Batik Jakarta Grand ITC Permata Hijau lantai 2 selama minimal 10 menit (syukur-syukur bisa borong batiknya), kamu bekesempatan mendapatkan souvenir menarik lho. Oia, program ini masih dirahasiakan oleh pihak Grand ITC Permata Hijau karena masih belum ada informasi yang lengkap. Semoga setelah ini ada publikasi dari pihak sana yaa. Meskipun belum, tidak ada salahnya berkunjung ke sini untuk sekedar cuci mata melihat motif-motif batik yang keren.

Kamu bisa langsung datang ke Grand ITC Permata Hijau yang terletak di Jalan Arteri Permata Hijau. Alamat lengkapnya:

Grand ITC Permata Hijau

Jl. Letjen Supeno, Grogol Utara, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, 12210

Berikut angkutan umum yang melewati Grand ITC Permata Hijau:

  • Metromini S70 Blok M – Joglo.
  • Kopaja B88 Sukabumi Udik/Slipi – Pegadungan/Kalideres.
  • Deborah Depok – Kalideres.
  • Angkot KWK B17 Grogol – Pasar Inpres Kebayoran Lama.
  • Mikrolet M09 Kebayoran Lama – Tanah Abang.
  • Metromoni B85 Kalideres – Lebak Bulus.
  • Transjakarta langsung turun di Halte Permata Hijau

Sekian postingan tentang pembahasan Grand ITC Permata Hijau, Pusat Batik Murah di Jakarta semoga postingan ini bisa memberikan kamu banyak informasi tentang batik dan juga pusat batik murah jakarta di Grand ITC Permata Hijau.

4 Comments

  1. Monica Anggen July 2, 2017
    • Riski Saputra July 3, 2017
  2. Dikki Cantona Putra July 2, 2017
    • Riski Saputra July 3, 2017

Leave a Reply