Apa Genre Blog Kamu? | Blogging 101 - Riski Saputra

Apa Genre Blog Kamu? | Blogging 101

Setelah kamu membuat blog, yang harus kamu coba renungkan adalah jenis atau genre tulisan apa yang mau dipilih untuk blog kamu. Seperti halnya seorang musisi, blogger juga setidaknya harus memiliki satu fokus genre tulisan dalam blognya, sebab agar jelas target pembaca kita. Jika sudah memilih genre tulisannya, maka kamu bisa sesuaikan tulisannya dan juga bisa bergabung kedalam komunitas blogger yang mempunyai genre yang sama.

Lalu apa saja sih mayoritas genre yang banyak dipilih oleh para blogger. Ringkasan dibawah ini mungkin bisa kamu jadikan referensi untuk mengenal sedikit tentang berbagai jenis genre dalam dunia blog.

 

1. Personal Blog

Personal blog merupakan sebuah genre blog dari blogger yang menuliskan kehidupan sehari-harinya didalam blog-nya. Hampir mirip seperti diary online bagi si blogger. Namun ada juga yang bilang kalau personal blog itu seorang blogger yang menuliskan setiap postingannya dengan menggunakan bahasa pribadinya atau menggunakan prespektif orang pertama.

Genre ini termasuk yang cukup banyak dikalangan para blogger. Namun banyak dari mereka mulai bertransformasi menjadi beberapa genre khusus karena sudah mulai menemukan genre yang pas. Jadi untuk kamu yang baru aja nge-blog, genre ini cukup pas buat kamu pilih sebagai jenis blog kamu.

Oia, kamu juga bisa bergabung bersama komunitas yang isinya adalah blogger dengan bergenre ini yaitu Blogger Energy. Sebuah komunitas yang anggota haruslah seorang blogger personal. Bagi kamu yang berminat gabung dikomunitas ini silahkan daftar di sini dan pengumumannya akan diadakan setiap tanggal 9 bulan tersebut. Kalau daftar sekarang masih ada kemungkinan kamu bisa gabung lebih cepat karena tanggal 9 tinggal sebentar lagi.

 

2. Tutorial Blog

Bagi kamu yang memiliki keahlian dibidang tertentu seperti desain grafis, editing video, make up, doodle, dan lainnya. Kamu bisa jadikan blog kamu sebagai tempat kamu untuk sharing cara menguasai keahlian yang kamu miliki. Tutorial blog ini cukup banyak peminatnya selain mereka mengambil ilmunya mereka biasanya akan menantikan setiap postingan terbaru tentang ilmu keahlian yang kamu miliki.

Tutorial blog yang sudah banyak berkembang sekarang ini adalah blog tutorial desain grafis, blog tutorial blogging, blog tutorial doodle art dan masih banyak lagi yang lainnya. Kalau kamu punya keahlian kenapa tidak dicoba untuk memilih genre ini sebagai blog kamu.

 

3. Portal Blog

Zaman informasi yang tanpa batas tidak menutup kemungkinan kita bisa menjadi seorang netizen jurnalis. Netizen jurnalis ini adalah seorang pewarta berita yang merupakan warga yang melihat sebuah peristiwa dan menuliskan berita acaranya untuk dikirim keberbagai media. Biasanya mereka melakukannya secara sukarela, namun dari pihak media biasanya akan mengapresiasi netizen berupa hadiah atau honor yang setimpal.

Portal blog ini tidak melulu selalu tentang berita, namun sekarang sudah banyak portal berita yang mulai masuk kedalam bidang-bidang khusus seperti portal berita daerah, portal berita hobi, dan yang lainnya. Biasanya admin atau penulis ini menggunakan gaya bahasa orang ketiga. Dari segi tulisannya memang hampir menyerupai para jurnalis handal media nasional.

 

4. Blog Hobby

Genre blog ini biasanya jebolan dari blogger yang awalnya adalah personal blog. Awalnya mereka menjadikan blog ini sebagai diary namun ternyata tak disangka postingannya menjurus kedalam hobby yang dimilikinya. Namun ada juga yang dari awal membuat blog sudah berniat untuk menjadikannya sebagai Blog Hobby.

Genre blog ini ada banyak sekali seiring banyaknya hobby baru yang terus muncul saat ini. Namun ada beberapa mayoritas genre yang sudah banyak ditekuni oleh para blogger yaitu blog travelling, blog kuliner, blog lifestyle, blog movie, dan masih banyak yang lainnya. Jika kamu mempunyai hobby, kenapa tidak kamu jadikan saja blognya sebagai blog hobby?

 

5. Random Blog

Kalau kamu masih bingung memilih genre apa yang pas. Kamu bisa saat ini menjadikan blognya berisi random post. Namun saran saya jangan terlalu lama, coba untuk teliti perkembangan pembaca kamu mayorita lebih suka genre tulisan kamu yang seperti apa. Jika sudah teridentifikasi maka coba untuk bergabung kedalam komunitas yang memiliki genre tersebut.

 

6. Sesat Blog

Sesat blog adalah genre yang harus kamu hindari jauh-jauh. Mereka para blogger genre ini biasanya adalah tukang SEO yang mengambil konten dari berbagai sumber lalu menyatukannya kedalam satu postingan dengan membidik beberapa kata kunci. Blog yang berisi postingan copas-an pastilah tidak enak untuk dibaca, dan juga kasihan penulis yang tulisannya sudah dicopas. Jika ingin bermain SEO coba usahakan untuk membuat konten sendiri. Karena google sekarang semakin pintar dalam mensortir blog sampah.

Sekarang coba tuliskan di kolom komentar sekarang blog kamu ini ber-genre apa sih?

Nb: Apapun genre blog kamu, sebuah konsistensi akan lebih baik dibandingkan blog bergenre khusus tapi jarang sekali update postingan.

Leave a Reply