Domain Baru, Semangat Baru - Riski Saputra

Domain Baru, Semangat Baru

Pertama kali ngeblog itu pas masa putih abu-abu dimana lagi dapet tugas TIK. Kalau baca tulisan-tulisan yang dulu, rasanya pengen cekikikan mengenang masa alay-alay nan lugu. Walaupun sekarang kadang masih lugu dan alay yang bermartabat sih.

Masa putih abu-abu memang tidak begitu berwarna dibandingkan dengan anak-anak lainnya. Itu sebabnya ngeblog menjadi kegiatan yang cukup memberikan warna. Anehnya kenapa saya belum sadar bahwa ngeblog itu bisa menghasilkan uang. Kan namanya juga masih alay dan lugu jadi wajar kalau ngerjain sesuatu karena itu memang yang disukai.

Arti ngeblog dulu dengan sekarang mungkin sudah mulai jelas tergambar oleh saya. Kegiatan ngeblog saya dulu itu hanya sebatas nulis diary singkat, otak-atik template, dan nambah-nambah widget keren. Padahal kalau dulu sudah tahu arti sesungguhnya ngeblog mungkin saya sekarang sudah mulai merasakan dampak dari manfaat ngeblog. Tapi pepatah mengatakan tidak ada kata terlambat untuk menjadi baik.

Baru tahun ini saya benar-benar terbuka wawasannya mengenai dunia blogging. Semua berkat mengikuti komunitas blog dan juga lingkungan kerja kantor. Setahun lalu beli domain blog itu tujuan utamanya untuk belajar branding diri. Selain itu juga untuk mengamankan nama domain β€œRiskiSaputra.Com”. Bayangkan kalau tahun lalu saya tidak sadar bahwa pentingnya mengamankan nama sebuah domain. Mungkin sekarang nama domain blog ini sudah tidak available di situ penyedian nama domain.

Setahun sudah nama domain ini digunakan untuk ngeblog, namun baru beberapa bulan ini saya merasakan dunia blogger sesungguhnya. Masuk ke dunia yang baru ini membuat saya harus terus merendah dan berguru kepada siapapun orang yang memang lebih dulu tahu tentang ilmu ini. Sehingga dalam proses belajar nanti akan semakin mudah jika saya sudah terlebih dahulu mengkosongkan diri.

Proses belajar blog itu pun masih saya lakukan sampai sekarang dengan cara mengikuti berbagai seminar, workshop, kopdar komunitas, aktif di grup whatsaap, dan juga googling seputar blog. Setelah beberapa bulan ini terjun ke dunia ini, merasa mendapatkan jawaban bahwa ini ternyata dunia yang saya cari selama ini. Selain bisa berbagi kebaikan, juga bisa memberikan sebuah opini ke publik.

Dorongan untuk aktif ngeblog datang dalam dari dalam maupun dari luar. Sebuah dorongan yang membuat saya ini masih ingin terus menggali lebih dalam soal dunia ini. Ketenaran, dan uang menurut saya hanyalah bonus dalam ngeblog. Value dari ngeblog sebenarnya sangat mulia, yaitu membantu orang.

Di zaman internet yang sudah 4G ini membuat semua kalangan akan mengambil tindakan yang instan ketika sedang dalam masalah. Mereka akan cenderung untuk mencari jawabannya sendiri di google ketimbang harus repot bertanya kepada orang lain yang belum tentu orang itu mengetahuinya. Dalam keadaan mereka sedang dalam kesulitan dan ternyata kita sudah menulis solusinya dalam blog kita, dan ternyata orang itu membaca, mempraktekannya dan ternyata berhasil. Maka secara otomatis kita sudah ikut serta membantu dia dalam menyelesaikan masalahnya.

Sebagai contoh ada seorang ibu rumah tangga yang sedang mencari tahu tentang obat asma alami di dalam google. Nah, ternyata kita sebelumnya sudah pernah menulis tentang β€œSusu Kambing Sebagai Obat Asma Alami” dan secara tidak sengaja dibaca dan dipraktekan oleh ibu rumah tangga nanti. Ketika dipraktekan teryata asmanya sudah berangsur baik.

Dalam contoh di atas menandakan bahwa ngeblog bisa memberikan jawaban atas setiap permasalah yang ada. Dengan ini berarti ngeblog merupakan sebuah kegiatan yang bermanfaat untuk melatih skill menulis, juga ikut membantu setiap permasalahan yang ada. Sehingga blogger itu termasuk orang yang cukup mulia.

Dengan memperpanjang domain blog ini dan juga sekarang sudah mulai jelas tujuan dari aktivitas ngeblog ini apa aja. Saya memtuskan untuk terus memperbarui semangat untuk menulis di blog ini dan berharap dari kumpulan artikel yang sudah saya buat ada satu atau dua yang menjadi jawaban atas permasalahan yang ada.

Kalau kalian punya satu alasan yang cukup mulia untuk terus ngblog sampai saat ini. Saya minta tulisannya di komentar bawah sebagai bentuk apresiasi bahwa blogger itu mulia. *tsssahh~

 

Jadi apakah masih ragu buat ngblog? Coba pikir ulang yaa πŸ˜›

37 Comments

  1. Cili October 4, 2016
    • Riski Saputra October 4, 2016
  2. sari widiarti October 4, 2016
    • Riski Saputra October 4, 2016
  3. Riski Ringan October 4, 2016
    • Riski Saputra October 4, 2016
  4. Milda Ini October 4, 2016
    • Riski Saputra October 4, 2016
    • Riski Saputra October 4, 2016
  5. joko kanal jogja October 4, 2016
    • Riski Saputra October 4, 2016
  6. Leyla October 4, 2016
    • Riski Saputra October 4, 2016
  7. Ardisca Ar October 4, 2016
    • Riski Saputra October 7, 2016
  8. Ratri Anugrah October 4, 2016
    • Riski Saputra October 7, 2016
  9. Yoga October 5, 2016
    • Riski Saputra October 7, 2016
  10. dipi October 5, 2016
    • Riski Saputra October 7, 2016
  11. Meykke Santoso October 5, 2016
    • Riski Saputra October 7, 2016
  12. yogisatria October 5, 2016
    • Riski Saputra October 7, 2016
  13. Keven October 6, 2016
    • Riski Saputra October 7, 2016
  14. Ahmad Fauzi October 8, 2016
    • Riski Saputra October 9, 2016
  15. muti mimut October 9, 2016
    • Riski Saputra October 9, 2016
  16. Ivan Sonavia November 30, 2016
    • Riski Saputra December 6, 2016
  17. Rezky Firmansyah December 4, 2016
    • Riski Saputra December 6, 2016
  18. Novsya December 7, 2016
    • Riski Saputra December 7, 2016

Leave a Reply