Riski Saputra - Domain Baru

Domain Baru, Semangat Baru

Pertama kali ngeblog itu pas masa putih abu-abu dimana lagi dapet tugas TIK. Kalau baca tulisan-tulisan yang dulu, rasanya pengen cekikikan mengenang masa alay-alay nan lugu. Walaupun sekarang kadang masih lugu dan alay yang bermartabat sih.

Masa putih abu-abu memang tidak begitu berwarna dibandingkan dengan anak-anak lainnya. Itu sebabnya ngeblog menjadi kegiatan yang cukup memberikan warna. Anehnya kenapa saya belum sadar bahwa ngeblog itu bisa menghasilkan uang. Kan namanya juga masih alay dan lugu jadi wajar kalau ngerjain sesuatu karena itu memang yang disukai.

Arti ngeblog dulu dengan sekarang mungkin sudah mulai jelas tergambar oleh saya. Kegiatan ngeblog saya dulu itu hanya sebatas nulis diary singkat, otak-atik template, dan nambah-nambah widget keren. Padahal kalau dulu sudah tahu arti sesungguhnya ngeblog mungkin saya sekarang sudah mulai merasakan dampak dari manfaat ngeblog. Tapi pepatah mengatakan tidak ada kata terlambat untuk menjadi baik.

Baru tahun ini saya benar-benar terbuka wawasannya mengenai dunia blogging. Semua berkat mengikuti komunitas blog dan juga lingkungan kerja kantor. Setahun lalu beli domain blog itu tujuan utamanya untuk belajar branding diri. Selain itu juga untuk mengamankan nama domain “RiskiSaputra.Com”. Bayangkan kalau tahun lalu saya tidak sadar bahwa pentingnya mengamankan nama sebuah domain. Mungkin sekarang nama domain blog ini sudah tidak available di situ penyedian nama domain.

Setahun sudah nama domain ini digunakan untuk ngeblog, namun baru beberapa bulan ini saya merasakan dunia blogger sesungguhnya. Masuk ke dunia yang baru ini membuat saya harus terus merendah dan berguru kepada siapapun orang yang memang lebih dulu tahu tentang ilmu ini. Sehingga dalam proses belajar nanti akan semakin mudah jika saya sudah terlebih dahulu mengkosongkan diri.

Proses belajar blog itu pun masih saya lakukan sampai sekarang dengan cara mengikuti berbagai seminar, workshop, kopdar komunitas, aktif di grup whatsaap, dan juga googling seputar blog. Setelah beberapa bulan ini terjun ke dunia ini, merasa mendapatkan jawaban bahwa ini ternyata dunia yang saya cari selama ini. Selain bisa berbagi kebaikan, juga bisa memberikan sebuah opini ke publik.

Dorongan untuk aktif ngeblog datang dalam dari dalam maupun dari luar. Sebuah dorongan yang membuat saya ini masih ingin terus menggali lebih dalam soal dunia ini. Ketenaran, dan uang menurut saya hanyalah bonus dalam ngeblog. Value dari ngeblog sebenarnya sangat mulia, yaitu membantu orang.

Di zaman internet yang sudah 4G ini membuat semua kalangan akan mengambil tindakan yang instan ketika sedang dalam masalah. Mereka akan cenderung untuk mencari jawabannya sendiri di google ketimbang harus repot bertanya kepada orang lain yang belum tentu orang itu mengetahuinya. Dalam keadaan mereka sedang dalam kesulitan dan ternyata kita sudah menulis solusinya dalam blog kita, dan ternyata orang itu membaca, mempraktekannya dan ternyata berhasil. Maka secara otomatis kita sudah ikut serta membantu dia dalam menyelesaikan masalahnya.

Sebagai contoh ada seorang ibu rumah tangga yang sedang mencari tahu tentang obat asma alami di dalam google. Nah, ternyata kita sebelumnya sudah pernah menulis tentang “Susu Kambing Sebagai Obat Asma Alami” dan secara tidak sengaja dibaca dan dipraktekan oleh ibu rumah tangga nanti. Ketika dipraktekan teryata asmanya sudah berangsur baik.

Dalam contoh di atas menandakan bahwa ngeblog bisa memberikan jawaban atas setiap permasalah yang ada. Dengan ini berarti ngeblog merupakan sebuah kegiatan yang bermanfaat untuk melatih skill menulis, juga ikut membantu setiap permasalahan yang ada. Sehingga blogger itu termasuk orang yang cukup mulia.

Dengan memperpanjang domain blog ini dan juga sekarang sudah mulai jelas tujuan dari aktivitas ngeblog ini apa aja. Saya memtuskan untuk terus memperbarui semangat untuk menulis di blog ini dan berharap dari kumpulan artikel yang sudah saya buat ada satu atau dua yang menjadi jawaban atas permasalahan yang ada.

Kalau kalian punya satu alasan yang cukup mulia untuk terus ngblog sampai saat ini. Saya minta tulisannya di komentar bawah sebagai bentuk apresiasi bahwa blogger itu mulia. *tsssahh~

 

Jadi apakah masih ragu buat ngblog? Coba pikir ulang yaa 😛

37 comments

  1. Kalo aku sih, karena niche blog nya lebih ke traveling, jadi akan sangat bersyukur kalo pembaca blogku bisa punya referensi dan pengetahuan lebih untuk bikin suatu itinerary perjalanan. Apalagi aku sendiri ngalamin kadang udah cari di gugel tentang spot2 tujuan, akses ataupun biayanya, tp jarang yg lengkap. And i don’t want people to feel that too.
    Gitu aja sih.. Hehe

    Btw kayaknya baru pertama kesini, salam kenal^^

    1. wahh blogger traveller yahh kak.
      happy donk jalan2 terus hehehe.

      Iyya menurut aku sih blogger sebagai jembatan informasi informal bagi masyarakat dunia maya.
      Kalau open trip sounding-sounding yaa kak. siapa tahu bisa ikut hehehe

      Salam kenal, Thank You udah mampir 🙂

    1. wahh akhirnya memutuskan untuk nyemplung juga yahh.
      Ada cerita unik dan berkesan apa nih kalau boleh tahu setelah nyemplung di dunia ini hehehe

  2. Aku pernah sampai terharu banget waktu ada email masuk trus konsultasi tentang persiapan nikahnya, karena bentar lagi dia mau dilamar gitu. Itu katanya dia buka google cari persiapan pernikahan trus nemu blogku. Sejak itu, aku mulai aware dengan apa yang aku tulis. Ternyata ada yang baca ^^.

    1. nahh iyya mba tulisan kita jadi manfaat kan.
      waduh kebaikannya mengalir itu mba, orang yang mau nikah baca tulisan mba dipraktekin dan bahagia sampai nenek kakek. 🙂

    1. iyya mba leyla. Salam Kenal. 🙂
      Doakan semoga jadi bapak blogger yang baik di sayang istri(padahal jomblo) 😀

  3. waktu duuuuuuuulu banget, kelas 6 sd tujuan ngeblogs buat nyimpen data tentang Game. Lalu SMP kelas 1 sampai 2 buat nyari duit. Kelas 1 SMA juga buat nyari duti, tapi sering vakum karena hanya ngejar duitnya dan akirnya blogs runtuh kena tegur om google.

    Sekarang udah mulai dewasa, tujuan utama ngeblogs gue buat ngebagiin ilmu ke orang lain, hitung hitung nyari amal lah :D. Terkadang sering miris lihat blogs kesehatan di google dan ternyata isinya copas, dan malah ada yang ngawut atau cari pengunjung doang.

  4. Hahaha selalu TIK ya yg bikin kita mengenal blog. Aku dulu juga sih, cuma waktu itu masih SMP. And yes, aku juga suka utak-atik template dan widget hehe. Seneng banget waktu temen-temen bilang blogku paling keren. Setelah beli domain dot com, aku semakin semangat memperbaiki blog. Pengen sih monetizing. Cuma masih nggak bisa konsisten nih 🙁 Mampir ke blogku ya mas. Minta tolong dikomentari hehe.

  5. Gue selalu respect sama orang2 yg masih semangat ngeblog kayak gini. Karena sekarang semua udah pada beralih ke yutub, jarang banget ada anak sekolahan yg ngeblog kayak jaman kita dulu. Semoga yg udah lama ngeblog tetep terus ngeblog biar anak2 sekolahan gak hanya pengin jd yutubers, tapi juga blogger. \o/

  6. Klo dipi nulis karena kebutuhan, seneng aja nulis dan baca, dua2 nya kegiatan positif. Banyak yg bisa dipelajari dari tulisan pengalaman orang lain. Bikin kita jadi bijak, dewasa, dan dipi paham klo selamanya dipi ya biasa aja, masih bnyak org yg lbih hebat dri dipi.
    Smoga terus menulis ya ki.. Semangatttt

  7. the same feeling goes to me! Pas pertama gue punya domain baru, yang pake nama gue sendiri plus ga ada blogspotnya, gue jadi berasa keren dan semangat gue untuk ngeblog jadi berkembang berkali kali lipat!! Dan sekarang gue juga masih terus memperpanjang domain gue. Dan emang bener blogging itu menghasilkan! terakhir gue bisa dapat voucher dari zalora dan bisa gue buat belanja 2 sepatu!! Pddahal cuman dari menulis bisa menghasilkan kan? Semangat nulis ya kitaaaaaaa hehehehe

  8. Hmm… kalo tujuan gue ngeblog sih simple, hanya untuk berbagi pengalaman sekaligus curhat kali ya hehehe..

    Tapi ternyata setelah beberapa bulan ini, gue mempelajari blog, dan bener, banyak banget manfaatnya, yah maklumlah gue blogger baru kemaren, jadi ya masih belajar gitu hehe..

    Semangat terus.

    1. wahh sama donk saya juga masih anak kemarin sore di dunia blogging.
      Lagi belajar konsisten nih bikin postingan. hehehe 😀

  9. Saya juga baru punya domain baru nih, setelah tujuh tahun ngeblog, akhirnya blog saya pindah juga ke domain yg ada dot com nya hehehe. Kalo buat saya, ngeblog itu sebuah proses introspeksi. Tidak cuma memberi inspirasi kepada membaca, tetap mengingatkan diri sendiri akan pelajaran-pelajaran hidup yg pernah saya dapatkan =)

  10. Klo gue pribadi nulis blog sebagai kenangan sendiri buat gue. Dan sepertinya banyak banget kenangan maupun hal” kecil lain yg bisa d ceritakan, terlebih klo bisa bermanfaat buat orang lain.

    Dan semoga semangat ngeblognya konsisten ya

    1. sipp bang,
      ditunggu cerita soal mesirnya lagi yahh.

      Semoga saya bisa dapet kesempatan berkunjung ke sana. 🙂

    1. iyya,
      yang penting sih konsitensi dalam menulis.

      Jika kita niat menulis untuk kebaikan pasti tidak ada halangan yang berat.

  11. Salam kenal mas Riski,

    Membaca tulisan ini kok rasanya mirip pengalamannya.
    Terutama tentang membuat blog untuk belajar branding diri dan berbagi dengan orang lain.

    Setelah menulis beberapa artikel di blog saya, tiba-tiba terbersit dalam benak saya untuk segera mencari komunitas blogger di Jakarta.

    Googling sebentar, ketemu deh!

    Saya menemukan link blog ini saat menelusuri bloggerjakarta.com.
    Dan semakin tertarik untuk mengikuti komunitas blog.

  12. ka riski ajarin cara beli domain dong kaa aku lihat2 di google ada bermacam2 ya.. ada yg beli gitu di website yg jual2, ada juga yg bayar di wordpressnya langsung.. itu bedanya apa ya kak? takut salah kak.
    lagi pingin ngebenahin blogku yg abal2 nih ka.. pengen coba sensasi pake dot com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *