Cara Gampang Nulis Artikel Blog | Blogging 101 - Riski Saputra

Cara Gampang Nulis Artikel Blog | Blogging 101

Cara gampang nulis artikel blog mungkin menjadi topik yang paling banyak dicari oleh para pemain baru di dunia blogging. Termasuk saya dulu saat baru pertama kali masuk ke dunia blogging. Saya dulu pertama kali masih menggunakan genre sesat blog yaitu copas dari berbagai sumber dan mencantumkan sumbernya dibawah. Mungkin karena caranya gak berkah jadi tidak ada kemajuan dalam diri saya di dunia blogging ini.

Cara gampang nulis artikel blog ini hampir sama dengan cara menulis artikel pada umumnya. Saya akan coba rangkum beberapa metode yang sudah dipelajari dari berbagai sumber dan pelatihan yang sudah saya ikuti. Berikut cara gampang nulis artikel blog versi saya.

1. Cari Ide Topik Yang Mau Ditulis

Pertama tentukan dulu ide topik yang mau kamu tulis. Jangan sampai kamu membahas banyak topik dalam satu artikel. Ini bisa membuat pembaca kebingungan dengan artikel kamu. Jika kamu bingung coba baca “Cara Mencari Ide Menulis”.

2. Buat Kerangka Tulisan

Sehebat apapun seorang penulis mereka akan mengawalinya dengan membuat sebuah kerangka tulisan. Kerangka ini yang akan menjadi jalur bagi setiap penulis untuk menulis sebuah artikel, buku, dan hal yang berhubungan dengan tulisan. Semakin lengkap tulisan kamu maka semakin baik artikel yang akan kamu buat.

3. Cari Sumber Artikel

Jika sudah membuat kerangka tulisan maka coba cari sumber sebanyak mungkin yang membahas setiap sub pembahasan dari kerangka yang sudah kamu buat. Semakin banyak sumber yang kamu punya, semakin baik tulisan yang kamu buat.

4. Menulislah Sekarang Juga!

Setelah mengumpulkan berbagai macam sumber, maka kamu bisa menuliskan kembali menggunakan gaya bahasa khas kamu. Silahkan tambahkan eksen atau yang lainnya agar tulisan kamu enak dibaca oleh para pembaca.

Ini dia cara gampang nulis artikel blog yang biasa saya gunakan setiap menulis sebuah artikel. Kalau kamu punya cara lain, saya harap kesediaannya berbagai di kolom komentar agar semakin banyak metode dalam menulis artikel blog.

Leave a Reply