Terbongkar! Rahasia Sukses Cara Jualan di Instagram Hasilkan Puluhan Juta - Riski Saputra

Terbongkar! Rahasia Sukses Cara Jualan di Instagram Hasilkan Puluhan Juta

Pada tulisan kali ini saya mau sharing hasil diskusi dengan seorang teman yang saat ini berjualan di Instagram sudah menghasilkan omzet puluhan juta rupiah. Beruntungnya saya mendapatkan bocoran cara jualan di Instagram sampai bisa mendapatkan omzet segitu.

Teman yang tidak mau disebutkan namanya ini, baru menekuni bisnis menggunakan Instagram sejak setahun yang lalu. Saat itu dengan pengetahuan yang minim soal bisnis, mbak XYZ (nama samaran) mulai belajar cara jualan produk di Instagram melalui komunitas bisnis yaitu Pengusaha Kampus.

Saat awal-awal berbisnis mba ini menjadi reseller produk salah satu member pengusaha kampus. Berdasarkan ilmu-ilmu dan diskusi di grup whatsapp komunitas pengusaha kampus, mbak XYZ mulai mempraktekannya satu persatu. Dari hasil praktek tersebut, sudah mulai terlihat hasilnya.

Karena dirasa bisnis lewat Instagram ini sangat prospektif, mbak XYZ ini menekuni semua ilmu-ilmu tentang Instagram Marketing. Bahkan mbak ini sampai mengikut kursus, seminar, dan pelatihan berbayar tentang teknik-teknik instagram marketing.

 

Berikut ringkasan percakapan saya dengan mbak XYZ.

 

Apa Motivasi Mbak Bisa Sukses Seperti Sekarang Ini?

Motivasi aku cuma mau bahagiain orang tua kak. Aku pengen memberikan kehidupan yang layak buat mereka khususnya ibu. Aku tuh udah ngerasain asem manisnya kehidupan yang tidak dirasakan orang banyak. Hal ini membuat aku harus bisa mencukupi kebutuhan orang tua aku, kak.

Aku punya keinginan yang besar buat sukses. Karena melihat kehidupan saudara-saudara aku yang sudah mapan. Hal ini yang memotivasi dan mendorong aku agar bisa sukses seperti mereka.

Aku harus sukses agar bisa membahagiakan orang tua, khususnya ibu aku. Meski aku bukan PNS (Pegawai Negeri Sipil), tapi aku harus buktiin bisa sukses sedini mungkin. Nah setelah tahu jalan Internet Marketing (IM) bisa membawa aku menuju jalan kesuksesan. Makanya aku bener-bener seriusin sampai nekat ke jogja sendirian untuk upgrade diri, bahkan tidak punya kenalan disana.

Alhamdulillah kak, aku tipe orang yang setiap dapet ilmu baru langsung aku praktekin dan gak suka nunda-nunda. Soalnya aku sadar, bahwa aku ini orangnya pelupa. Hehehe

 

Oia Mbak, IM Itu Kan Banyak Banget Yah. Terus Apa Sih Yang Bikin Mba Bisa Fokus Di Instagram?

Sebenernya aku juga belajar ilmu-ilmu lain kak, seperti SEO, Fb Ads, sampai Market Place (Bukalapak dkk). Tapi karena otak aku susah nyerna ilmu-ilmu tadi dan Instagram yang paling mudah aku kerjain. Jadi aku maksimalin di Instagram kak.

Setelah fokus di Instagram aku sadar kak, kalau mau sukses itu harus fokus. Jangan maruk belajar ini dan itu, yang pada ujung-ujungnya tidak menghasilkan apa-apa. Suatu ilmu yang diasah terus menerus pasti akan tajam kak. Jika sudah tajam, maka akan mudah untuk menggunakannya.

 

Kalau Boleh Tahu Mba, Sampai Sekarang Marketingin Berapa Produk?

Aku marketingin 4 produk kak dengan target market muslimah. Alhamdulillah margin yang didapat 75-150ribu per produk kak. Maaf ya kak aku gak bisa ngasih tahu produknya, rahasia perusahaan, hehe. Tapi apapun produknya kalau kita fokus pasti sukses kok.

 

Bocoran Donk Mba Apa Rahasia Sukses Jualan Di Instagramnya?

Pertama, harus fokus pada satu produk yang akan dijual. Jangan terlalu banyak menjual produk nanti malah merepotkan kita nantinya. Kalau satu produk itu hasilnya sudah besar, maka boleh coba ke produk lainnya. Tahapan dari produk satu ke produk yang lain itu relative sesuai dengan asumsi sendiri. Kalau dirasa satu produk itu sudah menghasilkan dan kita merasa mampu untuk mengelola produk lainnya, baru bisa lanjut ke produk selanjutnya.

Kedua, perbanyak akun Instagram dari produk yang kita jual. Aku minimal satu produk itu 10 akun kak. Tapi ada juga sih yang sampai 89 akun untuk satu produk, dari jumlah itu yang aktif menghasilkan penjualan Cuma 30 akun kak. Aku ada 4 produk jadi kalau ditotal-total ada ratusan akun kak, hehehe.

Ketiga, konsisten dalam mengelola akun-akunnya. Jangan mudah terpancing copywriting mastah soal pelatihan Internet Marketing. Kecuali itu memang tentang Instagram marketing. Soalnya kalau kita ikut pelatihan Fb Ads, SEO, Market Place dan yang lainnya. Nanti malah kita jadi pusing dan bingung mau ngerjain yang mana.

 

Ada Pesan Untuk Para Pembaca Blog Ini Yang Baru Mau Mulai Instagram Marketing?

Aku Cuma mau berpesan, jangan gampang menyerah meskipun diawal-awal hasilnya masih sedikit. Kuncinya harus rajin praktek, konsisten dan jangan cepet puas. Kalau masih awal udah males-malesan, gampang nyerah dan cepet puas, pasti bakal bubar bisnisnya hehehe.

 

Itulah diskusi singkat saya dengan mbak XYZ melalui chat whatsapp. Semoga bisa menginspirasi para pembaca yang budiman. Oia, mbak ini buka kelas Instagram lho.. Kabar gembiranya kelasnya GRATIS alias gak pake bayar. Informasi soal kelas instagram bisa Klik di sini: t.me/InstagramMasteryClass

2 Comments

  1. eights' September 2, 2017
    • Riski Saputra September 2, 2017

Leave a Reply