Inilah Cara Belanja Online yang Murah dan Aman

Cara Belanja Online yang Murah dan Aman

Setelah adanya internet perilaku belanja mengalami perubahan yang dulunya hanya bertransaksi di pasar, saat ini aktivitas belanja sudah sangat mudah hanya dengan memainkan jempol.

Apalagi dengan infrastruktur jaringan internet sudah tersebar ke pelosok negeri yang membuat peningkatan aktivitas belanja online oleh pengguna internet sebesar  24,73 juta orang menurut pemaparan Gubernur BI Agus Martowardojo tahun 2016 silam.

Tentu angka ini terus bertambah dengan segudang promosi yang ditawarkan oleh penyedia toko online ataupun e-commerce di Indonesia.

Jumlah pembeli online Indonesia yang berjumlah puluhan juta orang ini tidak selalu transaksinya berjalan mulus-mulus saja.

Faktanya dilansir dari kabarbisnis.com tercatat bahwa kerugian yang diakibatkan oleh penipuan belanja online 2,2 miliar hanya dalam kurun waktu 4 bulan saja.

Tentu Kamu tidak ingin terjerumus dan menambah angka kerugiannya akibat tertipu saat berbelanja online.

Sebagai pembeli yang bijak, janganlah hanya fokus kepada harga yang murah saja tetapi mengacuhkan sistem keamanan di toko online atau e-commerce.

Untuk itu Kamu perlu mengetahui cara belanja online yang murah dan aman agar tidak mudah tertipu penjual online yang nakal.

 

Cara Belanja Online yang Murah dan Aman

 

Tentukan Kebutuhan Produk yang Mau Dibeli Secara Online

Selain untuk hemat belanja, mendata kebutuhan produk sebelum membeli bisa memudahkan Kamu mencari produk yang termurah dari penawaran beberapa toko online yang ada.

Mendata produk yang mau dibeli juga memudahkan kita mencari seller yang menawarkan seluruh produk yang kita butuhkan.

Dengan begitu ongkos kirim yang dibayarkan akan semakin murah jika kamu berbelanja melalui satu toko saja.

 

Baca Deskripsi Produk Dengan Teliti dan Jelas

Meskipun Kamu dapat menggugat dengan dalih wanpretasi atas penipuan transaksi jual beli yang dilakuan oleh penjual online.

Tetapi alangkah baiknya jika kita lebih waspada dan awas diri sebelum memutuskan untuk berbelanja online agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti penipuan ini.

Terkadang membaca deskripsi produk memang sangat jenuh dan tidak menarik bagi pembeli online, tapi hal ini malah menjadi celah peluang bagi penipu untuk menjalankan aksinya.

Hal ini terbukti beberapa hari lalu telah terjadi penipuan online elektronik yang hanya dikirimkan brosur karena pembeli tidak membaca deskripsi produk yang ditawarkan.

Agar tidak terjadi lagi, sebaiknya Kamu mulai memberi perhatian terhadap deskripsi produk yang ditawarkan oleh penjual online.

 

Hati-hati dengan phising saat berbelanja online

Phising adalah sebuah upaya yang dilakukan oleh penipu untuk mencuri akun kamu sehingga mereka bisa menggunakan akun kamu untuk berbelanja tanpa perlu membayarnya karena pembayaran dibebankan ke kartu kredit kamu atau saldo akun.

Agar terhindar dari praktek phising ini kamu perlu tahu cara belanja online yang murah dan aman.

Cara menghindari phising saat berbelanja online bisa dengan memasang antivirus laptop, antivirus handphone atau antivirus komputer PC.

Selain itu saat berbelanja online, jangan tergoda dengan banner-banner yang menawarkan harga murah tidak wajar.

Itu bisa saja pancingan oleh para pelaku phising agar kamu tertarik untuk mengklik banner tersebut.

Saat sudah mengklik, itu tandanya kamu mengijinkan pelaku untuk menggunakan akun kamu.

Terakhir, sebaiknya selalu update password akun kamu di toko online atau e-ecommerce untuk menghindari tindakan phising.

 

Kamu harus mempertimbangkan cara pembayaran yang aman

Mandiri Online

Saat belum ada internet, pembaran dilakukan secara langsung oleh pembeli dan penjual.

Tetapi saat pejual dan pembeli hanya berinteraksi secara online saja rasanya perlu untuk mempertimbangakan sistem bayar belanja online yang ditawarkan oleh penjual online.

Tetapi kekhawatiran itu tidak lagi perlu lagi muncul karena Bank Mandiri memberikan kemudahan transaksi menggunakan mandiri online sehingga belanja online bisa jadi mandiri tanpa perlu khawatir pencurian.

Kenapa harus pakai yang lain kalau semua bisa di mandiri online?

Melakuan transaksi pembelian online dengan mudah hanya dengan aplikasi mandiri online yang bisa diakses dari smarphone kamu.

Tidak perlu khawatir dengan batasan waktu karena dengan kemudahan transaksi menggunakan mandiri online semua bisa dilakukan 24 jam selama 7 hari.

Kemudahan Transaksi Menggunakan Mandiri Online lainnya adalah transaksi bisa mencakup global, bisa mengakses produk perbankan dari Bank Mandiri yaitu Tabungan, Giro, dan Deposito dengan menggunakan Rupiah atau mata uang asing.

 

Hati-hati tergoda dengan produk murah

Melihat kebiasan pembeli online yang hanya memperhatikan harga murah saja tanpa mengecek kualitas dan membandingkan dengan harga pasaran.

Ini membuat para penipu online membuat banyak modus dengan menggunakan startegi harga produk murah.

Selain untuk memancing kejahatan phising, harga murah yang ditawarkan oleh pembeli kerap kali dijadikan modal penipuan kepada pembeli online.

Ini biasanya dilakukan saat pembeli online melakukan transaksi melalui sosial media yang tidak memiliki sistem rekber atau rekening bersama.

Dengan membuat foto produk, copywriting penawaran yang ciamik di sosial media para penipu mulai menjalankan aksinya untuk menjerat para korban.

Sudah saatnya kita lebih berhati-hati lagi saat berbelanja online melalui sosial media.

 

Pastikan PC, Laptop, atau Smartphone dalam keadaan mati setelah transkasi

Setelah kamu melakukan transaksi pembelian di toko online atau e-commerce, sebaiknya kamu langsung menonaktifkannya.

Cara ini digunakan agar tidak terjadi pembobolan oleh orang yang sudah menanamkan malware sehingga pada saat PC dalam keadaan nyala akan dengan mudah mengambil alih kendali PC dan melakukan transaksi.

Semoga pemaparan saya tentang cara belanja online yang murah dan aman bisa menolong kamu dikemudian agar tidak terjadi penipuan atau pencurian melalui malware dan phising.

Leave a Reply