header-blog7

Pilih Blogspot atau WordPress? | Blogging 101

Dunia blog memang sudah ada sejak lama. Beberapa orang sudah mulai menggeluti dunia ini, namun ada juga yang sampai sekarang menanyakan apakah blogging ini prospektif atau tidak. Mereka selalu bertanya tanpa melakukan aksi yang nyata.

Ada banyak sekali platform penyedia blog yang bisa menunjang kamu untuk menikmati blogging. Namun ada dua diantaranya yang sangat banyak penggunanya, blogger dan wordpress. Maka dari itu untuk teman-teman yang baru mau mulai nge-blog sebaiknya pilihlah satu diantara kedua penyedia blog ini.

Dalam tulisan kali ini saya akan coba membandingkan berdasarkan pengetahuan saya. Dan diakhir tulisan saya akan menyimpulkan satu yang menurut saya pas buat belajar nge-blog.

Blogspot

Ini merupakan platform milik google yang bisa kamu pakai secara gratis. Banyak sekali para blogger yang saat pertama kali ngeblog memilih platform ini ketimbang yang lain. Sebab selain pengoperasiannya mudah, platform ini sangat mudah dimodifikasi. Tidak heran kalau kita menjumpai banyak sekali tampilan blog yang lucu dan unik.

Blogspotlah yang manjadi pelopor istilah blogger itu mulai muncul dikalangan dunia maya. Banyak para blogger yang sampai saat ini masih betah di platform ini karena memang pengoperasiannya mudah dan yang paling penting adalah SEO Friendly.

SEO Friendly maksudnya adalah google akan mengiring langsung jika ada orang yang mencari suatu topik yang ternyata ada di blog kamu. Enakkan?

WordPress

Jujur, saya belum pernah menggunakan wordpress gratisan. Saat ini saya menggunakan wordpress yang berbayar berupa hosting. Jadi saat temen-temen sudah membeli domain (.com) dan hosting (seperti halnya flashdisk dalam dunia blog) kita bisa memilih platform blognya. WordPress merupakan platform terfavorit diantara yang lainnya.

Tidak beda jauh dengan blogspot, wordpress pun menyediakan layanan gratis bagi kamu yang masih baru mau belajar nge-blog. Namun dari segi tampilan wordpress sangatlah kaku dan sulit untuk dimodifikasi.

Saran terbaik saya adalah pilihlah blogspot karena memeberikan banyak kemudahan. Jika sudah menentukan pilihan langkah selanjutnya adalah membuat blog di platform yang sudah kamu pilih.

6 comments

  1. Makasih infonya, untuk SEO friendly bisa dijelaskan secera detail…. Klo cari di google beragam pendapat dan beda…. Buat orang bingung.

  2. saya pernah menggunakan keduanya, baik blogspot maupun wordpress. Namun saya prefer wordpress, sebenarnya wordpress lebih seo friendly, makanya kebanyakan kantor seo menggunakan wordpress (termasuk kantor saya skrg)

    so far keduanya sama-sama oke, dimana nyamannya saja. Yang penting jangan pakai gratisan deh, itu kerasa bgt bedanya

  3. Blogspot atau WordPress yang penting artikel kita berkwalitas dan Belar SEO Paling Mudah sangat bermanfaat untuk blog kita agar memiliki trafiic tinggi,.. SEO pasti di dukung oleh Backlink

    Membuat Backlink merupakan faktor penting untuk keberhasilan kita menargetkan blog atau website kita berada pada peringkat pertama, banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membuat backlink, yaitu dengan cara menjadi penulis tamu ke blog-blog lainnya, buatlah sebuah artikel yang belum pernah kita atau orang lain publikasikan dan kita pasang pada blog orang lain
    Kita harus melakukan optimasi di dalam website dan blog kita sendiri, Optimasi on-page bertujuan agar mesin pencari mengetahui apakah website kita memang relevan/sesuai dengan apa yang dicari oleh user. Dan benar-benar yang memiliki kualitas terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *